Loading...

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

Jenis Makanan Penyebab Asam UratJenis makanan yang menyebabkan asam urat yaitu makanan yang tinggi purin. Makanya para medis selalu menekankan diet rendah purin pada penderita asam urat.

Sering mengkonsumsi makanan yang tinggi purin menyebabkan tingginya kadar asam urat yang pada akhirnya membentuk kristal dipersendian sehingga menimbulkan peradangan dan nyeri pada persendian tersebut.

Jadi penyakit asam urat disebabkan oleh kondisi yang dikenal sebagai hyperuricemia (penumpukan kristal asam urat dalam darah). Asam urat secara berlebihan tersebut disimpan dalam sendi dan tendon dalam bentuk kristal.

Loading...

Akumulasi kristal tersebut tersebut menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada sendi yang terkena. Sementara kelebihan kristal asam urat di ginjal yang terakumulasi didaerah tersebut dapat menyebabkan batu ginjal.

Asam urat merupakan produk akhir katabolisme purin dalam tubuh dan diekskresikan melalui urin. Kelebihan asam urat dapat terjadi karena kegagalan dalam ekskresi asam urat, kecenderungan genetik, obesitas, kanker juga karena obat-obatan tertentu.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, makanan tertentu dengan kandungan tinggi purin juga terkait dengan kelebihan asam urat dalam tubuh.

Jadi bagi mereka yang sedang menderita nyeri sendi yang dikaitkan dengan penyakit asam urat atau pada individu yang sedang merasakan gejala awal penyakit asam urat sebaiknya segera memperbaiki diet mereka dengan memilih makanan yang tepat untuk mereka konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit asam urat seperti:

Makanan dengan kandungan tinggi purin

1. Hidangan laut: ikan teri, ikan sarden, Udang, kerang-kerangan.
2. Daging : daging organ (ginjal, hati, otak, dll), daging cincang, makanan olahan dari daging.

Makanan kandungan purin sedang

1. Hidangan laut : Lobsters, semua jenis ikan kecuali jenis ikan dalam kategori tinggi purin diatas.
2. Daging : Daging merah (sapi, babi, domba), daging unggas, sup daging, kaldu daging, daging yang diekstrak.
3. Sayur-sayuran: Asparagus, bayam, jamur, kacang-kacangan.


Makanan dan minuman lain yang menyebabkan hyperuricemia

– Seledri
– Jeruk nipis
– Terong
– Ketimun
– Minuman keras
– Minuman berkarbonasi
– Jus buah manis
– Makanan gorengan
– Minyak terhidrogenasi
– Produk susu yang tinggi lemak

Dari beberapa jenis makanan yang mengandung purin diatas, bukan berarti bahwa kita sama sekali untuk menghindarinya namun hanya untuk membatasi dalam mengkonsumsinya.

Jenis Makanan Penyebab Asam Urat | Tim Redaksi | 4.5