3 Manfaat Pada Tubuh Saat Menjalankan Puasa

3 Manfaat Pada Tubuh Saat Menjalankan Puasa Marhaban ya Ramadhan, hari ini adalah hari pertama bulan suci Ramadhan bagi umat islam. Berbagai persiapan sudah Anda lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci ini? Yang pastinya Anda harus berkomitmen untuk menjalankan puasa selama 1 bulan penuh ini.

Supaya Anda lebih terlihat semangat untuk menjalankan puasa selama 1 bulan lamanya, ada beberapa manfaat untuk menjalankan ibadah puasa bagi tubuh Anda, diantaranya:

Menurunkan Gula Darah

Saat Anda telah melakukan waktu dalam berjam-jam untuk tidak makan maupun minum, maka gula darah Anda otomatis akan mengalami penurunan. Menurut Dr. Razeen Mahroof, tubuh akan mengeluarkan glukosa yang telah tersimpan dalam tubuh sebagai energi selama melakukan puasa. Bagi yang mengalami diabetes, seharusnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter kalau Anda akan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Sedangkan bagi Anda yang telah mengalami gula darah tinggi, pada bulan Ramadhan ini selain diketahui sebagai bulan yang penuh berkah, juga sangat membantu Anda dalam menstabilkan gula darah.

Penurunan Berat Badan

Dengan melaksanakan ibadah puasa tidak selalu mengakibatkan berat badan akan turun, tetapi dokter diet Tehran telah melakukan terapi untuk menurunkan berat badan selama waktu bulan Ramadhan untuk orang yang menderita obesitas. Untuk mengurangi berat badan, saat ingin berbuka puasa dianjurkan untuk makan sup, roti, dan makanan yang rendah lemak maupun kalori.

Gaya Hidup Sehat

Kalau Anda pada umumnya terbiasa telah mengkonsumsi makanan manis, saat bulan puasa datang, biasanya Anda akan sedikit mengurangi kebiasaan ini. Ketika saat berbuka telah tiba, seharusnya Anda memilih untuk makanan yang kandungan gulanya diproses secara perlahan, misalnya biji-bijian dan makanan dengan serat tinggi. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan tersebut, Anda nantinya akan merasa tidak sangat lapar pada siang hari. Selama berpuasa, Anda akan terbiasa untuk mengendalikan nafsu makan setiap hari.

***
Semoga Ramadhan tahun ini betul-betul akan memberikan berkah untuk Anda.