Loading...

Konsumsi Kedelai untuk Memiliki Tubuh yang Sehat

Konsumsi Kedelai untuk Memiliki Tubuh yang SehatSejumlah cara untuk menghasilkan tubuh yang sehat. Salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang bermutu dan kaya kan gizi. Kedelai yang bagus dengan julukan The King of Beans, merupakan salah satu jenis bahan pangan yang ideal.

Untuk Anda, kandungan protein, asam amino, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam kedelai dikenal sangat ampuh dalam membantu Anda untuk memelihara kebugaran tubuh. Seperti berikut ini:

Menjaga Berat Badan Ideal

Loading...

Kedelai adalah jenis makanan yang mempunyai nilai indeks glikemik (GI) rendah, sehingga sanggup membantu dalam menjaga kestabilan kadar gula darah. Kandungan serat yang terdapat dalam kedelai juga bisa membantu dalam memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, porsi makan berikutnya akan ditekan agar tidak berlebihan, sehingga berat badan ideal tetap terpelihara.

Stabilkan Kadar Kolesterol

Kandungan dynamite duo yang terdapat dalam kedelai sangat ampuh dalam menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Yang pertama, lesitin, bisa membantu dalam penurunan kadar kolesterol yang bandel (LDL).Kedua, isoflavon, berguna untuk antioksidan serta bisa meningkatkan level kolesterol baik (HDL) yang berfungsi untuk kesehatan jantung.

Cegah Osteoarthritis

Berdasarkan penelitian, vitamin E yang terkandung dalam kedelai akan membantu untuk menyembuhkan dan mengatasi penyakit osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan suatu keadaan dimana persendian Anda akan terasa nyeri yang disebabkan oleh inflamasi ringan yang muncul akibat adanya pergesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Bukan hanya itu, vitamin E juga sangat baik dalam membantu meredakan nyeri rematik dan meningkatkan mobilitas sendi.

Mencegah Kanker

Kedelai adalah salah satu bahan pangan yang sangat kaya akan kandungan zat antioksidan (selenium, vitamin E, isoflavon, serta genistein). Kandungan zat yang bersifat antioksidan ini sanggup membendung serangan radikal bebas yang bisa mengakibatkan munculnya sel-sel kanker.

Mengatasi Gejala Menopause

Kandungan isoflavon serta vitamin E dalam susu kedelai sanggup membantu untuk meringankan keluhan yang diderita oleh wanita menopause misalnya mengalami rasa panas (hot flushes), insomnia, sembelit, serta produksi keringat berlebihan.

Mencegah Migren

Serangan migren sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan cara mengkonsumsi kedelai. Diketahui kedelai yang telah mengandung vitamin B kompleks, mineral (terutama kalium), dan asam amino (terutama lisin), yang bisa membantu dalah mengatasi serta meredakan migrain.

Atasi Intoleransi Laktosa

Susu kedelai adalah bisa pengganti susu sapi yang bagus untuk para penderita alergi maupun intoleransi laktosa. Pada sistem pencernaan penderita intoleransi laktosa tidak bisa mencerna dan menyerap laktosa (karbohidrat di dalam susu hewan) dengan baik akibat karena kurangnya produksi enzim laktase di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu, dengan konsumsi susu kedelai adalah salah satu solusi terbaik untuk tubuh tetap memperoleh asupan zat-zat gizi penting, yang biasanya diperoleh dari susu sapi.

Konsumsi Kedelai untuk Memiliki Tubuh yang Sehat | Arwis Sudding | 4.5