Loading...

Cara Atasi Anemia karena Sering Begadang

Cara Atasi Anemia karena Sering BegadangAnemia bisa terjadi pada siapa saja, utamanya karena pengaruh sering begadang. Tapi untungnya anemia ini dapat diatasi dengan beberapa pengobatan rumah.

Pada umumnya peningakatan penderita anemia jika ada perhelatan akbar seperti piala dunia sepak bola. Ini artinya bahwa kebanyakan orang menderita anemia karena pengaruh kurang istrahat malam sehingga mempengaruhi tingkat sel darah merah dalam tubuh.

Seperti kita ketahui bahwa anemia merupakan kondisi kurangnya level sel darah merah dalam tubuh karena penurunan kandungan hemoglobin yang pada gilirannya mengurangi pasokan oksigen ke paru-paru untuk memasok darah keseluruh tubuh kita.

Loading...

Jadi anda termasuk penggemar(penonton) sepak bola seperti pagelaran piala dunia sepak bola saat ini, maka anda sebaiknya memperbaiki diet anda (mengkonsumsi makanan yang dapat mempertahankan hemoglobin anda agar tetap normal.

Tapi bagi anda yang terlanjur menderita anemia maka anda bisa mengatasinya dengan mencoba menggunakan beberapa pengobatan rumah dibawah ini:

Tingkatkan konsumsi Vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 adalah salah satu penyebab utama anemia. Oleh karena itu, pengenalan Vitamin B12 ke dalam aliran darah adalah salah satu solusi terbaik untuk pasien anemia. Anda harus meningkatkan asupan daging hewan, terutama ginjal dan hati daging hewani seperti sapi, kerbau dalam diet anda.

Jika anda tidak suka makan daging, cobalah minum suplemen B12 untuk mengatasi anemia anda.

Sayuran hijau

Asupan makanan dari sayuran hijau sangat membantu dalam meningkatkan kandungan zat besi dalam darah anda, dan pada gilirannya meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh anda. Beberapa sayuran yang bisa mengatasi anemia seperti bayam, selada, tomat, dll.

Obat herbal
Cara lain untuk mengatasi anemia adalah dengan menggunakan obat herbal alami dengan mengkonsumsi satu satu sendok teh ekstrak daun dandelion tiga kali sehari untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah Anda.

Konsumsi buah, sayuran dan kacang-kacangan

Selain sayuran hijau, ada sejumlah makanan pilihan lainnya dalam mengobati anemia seperti makanan dari buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran. Mereka tidak hanya akan membantu dalam meningkatkan kandungan zat besi dalam darah tetapi juga mampu menutrisi tubuh agar cepat bugar kembali.

Dan beberapa makanan yang tinggi zat besinya seperti buah apel, labu, almond, wijen, wortel, lobak, seledri, anggur hitam, plum, stroberi, dll.

Selain itu, untuk mengatasi anemia ataupun mencegah anemia sebaiknya untuk menghindari asupan teh, kopi, atau jenis makanan apapun yang banyak mengandung kafein karena dapat menghambat penyerapan zat besi ataupun menghambat pembentukan sel darah merah baru.

Dan untuk tindakan pencegahan terjadinya anemia saat pagelaran perebutan piala dunia sepak bola yang sedang berlangsung saat ini, usahakan untuk rutin berolah raga, melakukan pijat dan mandi dengan air dingin dipagi hari.

Cara Atasi Anemia karena Sering Begadang | Tim Redaksi | 4.5