7 Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Bukan hanya kulit berminyak yang memiliki efek yang merugikan kulit. Memiliki kulit kering juga dapat merusak keindahan dan kecantikan kulit. Kulit kering dapat menyebabkan kulit kita nampak bersisik, mengelupas, gatal dan kulit nampak kusam. Penyebab kulit kering pada umumnya karena dehidrasi, pemakaian sabun yang keras, dampak pemakaian pelembab yang salah dalam jangka lama dan kebiasaan buruk mandi dengan air panas. Selain itu kulit kering juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat atau bahkan kondisi medis seperti diabetes, psoriasis, kekurangan gizi hipotiroidisme dan disposisi genetik.

Cara menggatasi kulit kering sebenarnya tidak begitu sulit, hanya memerlukan kemauan dan kesabaran kita dengan menghindari penyebab sekaligus melakukan perawatan yang tepat. Beberapa saran dibawah ini mungkin bisa anda coba untuk mengatasi kulit kering anda atau setidaknya mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan.

7 Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Loading...
READ:  5 Penyebab Mengapa Perut Anda Susah Rata

1. Jauhkan mandi air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat untuk kulit kering sebaiknya dihindari karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sedikit demi sedikit sehingga akan memperparah kulit kering anda.

2. Gunakan pelembab

Gunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronic atau yang biasa dikenal dengan HA (Hyaluronic Acid). HA ini merupakan bagian kulit yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan akibat ultraviolet dan komponen utama dari kulit dan Asam Hyaluronic terlibat dalam memperbaiki jaringan tersebut.

3. Eksfoliasi kulit
Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan atau pengangkatan sel kulit yang telah mati. Manfaat dari pengelpasan ini adalah untuk mempercepat tumbul sel kulit yang baru dan mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Manfaat lainnya adalah untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam akibat penumpukan sel-sel kulit yang telah mati tersebut.

READ:  8 Kandungan dan Manfaat pada Buah Alpukat

4. Hati-hati dengan sabun gliserin
Hati-hati penggunaan sabun yang berbahan gliserin, meskipun gliserin mampu melembabkan pada permukaan kulit namun pada kelembaban lingkungan kurang dari 65% maka akan menarik kelembaban dari dalam kulit anda sehingga kulit anda akan mengalami kekeringan dari dari dalam. Pakailah sabun yang khusus untuk kulit kering seperti sabun yang berbahan dasar herbal.

5. Konsumsi minyak ikan
Minyak ikan sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, selain dapat mencegah kanker dan penyakit yang berhubungan kardiovaskular juga sangat baik digunakan untuk melembabkan kulit kita sekaligus merangsang produksi kolagen kulit agar tidak mengalami kekeringan.

6. Minyak biji rami
Minyak biji rami ini kaya akan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik memberi kelembutan dan kecerahan kulit kita sekaligus untuk melembabkan kulit kering. Manfaat lain, jika kita rutin mengkonsumsi suplemen minyak biji rami ini diduga kuat sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

READ:  Gejala Ovulasi dan Manfaatnya dalam Merencanakan Kehamilan

7. Diet buah-buahan

Hampir semua buah-buahan dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita, sebut saja pisang, alpukat, ketimun, pepaya, buah nanas dan beberapa buah lainnya. Jadi dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin tiap harinya akan membantu anda dalam mengatasi kulit kering anda.

Memiliki kulit kering dapat merusak kecantikan kulit kita, menjaga kulit kering yang ditimbulkan oleh pengaruh dari luar dan juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam tubuh kita sendiri merupakan cara yang terbaik mengatasi kulit kering. Selain itu, cobalah mengatasi kulit kering anda dengan 7 Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Kering semoga mempercepat mengembalikan kelembaban kulit anda.

Loading...