Loading...

Penyebab Kuku Mengelupas dan Pecah-Pecah

Penyebab Kuku Mengelupas dan Pecah-PecahPenyebab lapisan kuku mengelupas ataupun kuku pecah-pecah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik non medis maupun karena pengaruh medis.

Dan faktor penyebab paling umum adalah karena infeksi jamur, defisiensi protein, faktor penuaan dan juga bisa menjadi gejala medis yang serius sehingga kondisi pengelupasan lapisan kulit ini tidak boleh diabaikan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas penyebab pengelupasan kuku baik yang disebabkan karena pengaruh medis maupun dari sisi non medis.

Loading...

Penyebab medis pengelupasan kuku

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa salah satu penyebab utama pengelupasan kuku karena infeksi jamur. Dan meskipun hal tersebut sering terjadi pada kuku kaki karena mungkin sering basah namun pengelupasan kuku juga bisa terjadi pada kuku jari tangan.

Kondisi medis lain yang dapat mengakibatkan kuku terkelupas adalah psoriasis. Psoriasis ini merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan munculnya bercak merah kering dan bersisik pada kulit kepala, telinga, alat kelamin, dan kulit.

Nah, pada psoriasis yang tidak segera mendapatkan perhatian medis juga dapat mempengaruhi kuku, membuat kuku kita rapuh dan rentan mengalami pengelupasan.

Fakta lain yang dapat menyebabkan pengelupasan kuku seperti hipertiroidisme dan kekurangan zat besi ataupun karena pengaruh obat yang diresepkan untuk penyakit tertentu diketahui bisa mempengaruhi lapisan kuku.

Penyebab non-medis

Untuk penyebab non medis terhadap pengelupasan kuku sebagian besar kasus karena sering terpapar air ataupun paparan bahan kimia tertentu. Dan seperti halnya pada kulit, minyak alami dan kelembaban juga sangat penting untuk kesehatan kuku. Makanya pada mereka yang memiliki kulit kering juga sering mengalami pengelupasan kuku.

Faktor penuaan dan pada wanita menopause juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab pengelupasan kuku. Demikian pula halnya pada mereka yang kekurangan nutrisi, yang terutama terjadi pada individu berusia lanjut dapat menyebabkan kuku terkelupas.

Defisiensi kalsium, zat besi, dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku serta kekurangan nutrisi lainnya juga dapat berkontribusi terjadinya berbagai permasalahan pada kuku.

Jadi untuk mengetahui sesungguhnya penyebab dari pengelupasan kuku anda, cobalah konsultasikan hal ini pada tenaga medis disekitar anda untuk mendapatkan petunjuk perawatan yang tepat.

Penyebab Kuku Mengelupas dan Pecah-Pecah | Tim Redaksi | 4.5