Loading...

Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Yang Normal

Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Yang NormalUmumnya siklus menstruasi pada wanita bersifat sangat individual, tidak ada yang sama dan biasanya memerlukan waktu 24-37 hari lamanya.

Telah dianggap normal jika siklus Anda ada di rentang yang telah disebutkan di atas, tetapi pada perjalanannya, siklus menstruasi sangat dipengaruhi oleh banyak hal misalnya stres, terlalu lelah, obat-obatan dan kedekatan dengan wanita lain yang akan membuat siklus lebih pendek atau mundur.

Dalam waktu yang berbeda siklus menstruasi bisa saja sangat tidak teratur. Penyebabnya sangat bermacam-macam, yang biasanya di mulai dari kehamilan, stres, diet, hormon yang tidak seimbang, olahraga dan juga penyakit.

Loading...

Nah di bawah ini ada beberapa soal siklus menstruasi, perhatikan beberapa informasi berikut ini:

1. Pada siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama keluarnya darah menstruasi .
2. Pada setiap bulan diketahui bahwa ovarium akkan mematangkan sejumlah folikel, sehingga pada hari pertama samapai hari ke-14 disebut fase folikular.
3. Masing-masing folikel diisi dengan estrogen, yang jumlahnya bisa saja mengalami perubahan pada setiap siklusnya. Ketika folikel matang, estrogen akan mengalami peningkatan.
4. Tepat pada pertengahan siklus, kelenjar hipotalamus dan hipofisis akan memicu folikel untuk dominan ovulasi, di sini tingkat estrogen akan terus mengalami peningkatan.
5. Pada hari 14 hingga 28 disebut fase luteal di mana estrogen akan menurun dan progesteron akan meningkat. Pada hari ke-14 bisa saja terjadinya pembuahan. Setelah telur dominan dilepaskan dari folikel ke dalam rahim, maka terjadilah sekresi hormonal yang menebalkan lapisan rahim, manfaatnya adalah untuk mendukung kehamilan. Pada dasarnya wanita akan mendapatkan keputihan, mengeluarkan lendir, puting terasa nyeri, dan kram perut.
6. Masa subur ini hanya bisa terjadi 24 hingga 48 jam ketika ovulasi, jika saja tidak dibuahi, progesteron akan terus turun sampai hari ke-28 dan mengakibatkan terjadinya menstruasi.

Dengan menstruasi yang teratur adalah indikasi positif pada tubuh bahwa hormon Anda merupakan sesuai dengan ritmenya dan di masa optimal untuk bereproduksi. Jika saja Anda mendapatkan masalah dalam siklus menstruasi ini, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga Anda bisa mengetahui perubahan apa yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Cara Mengetahui Siklus Menstruasi Yang Normal | Arwis Sudding | 4.5