6 Jenis Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

6 Jenis Penyakit Kulit yang Sangat MenggangguDengan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari bisa membuat kita berkeringat. Keringat yang membasahi dan menempel di pakaian bisa menjadi tempat munculnya berbagai kuman.

Jika Anda tidak segera mengganti pakaian, kuman akan menyerang kulit dan mengakibatkan timbulnya berbagai masalah kulit.

Dampak dari penyakit kulit tersebut misalnya rasa gatal dan tentu saja sangat mengganggu penampilan Anda.

Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya Anda harus kenali berbagai penyakit kulit, seperti:

1. Panu dan Kurap

Munculnya panu disebabkan karena infeksi jamur. Panu dikenal hampir sama dengan kurap, yang membedakan adalah kurap bentuknya seperti cincin yang biasanya berisi cairan, sedangkan panu hanya bentuknya bercak-bercak putih. Panu dan kurap muncul karena kulit tidak bersih. Jika tidak di obati secepatnya , bercak putih ini akan menyebar seperti pulau-pulau di permukaan kulit. Panu dan kurap akan terasa gatal terutama jika terkena keringat. Sebaiknya bawalah selalu pakaian lebih saat bepergian.

2. Kudis (Scabies)

Munculnya kudis disebabkan karena tungau bernama Sarcoptes Scabiei. Tungau ini bisa mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa pada kulit. Sebab sistem imun anak belum cukup kuat, kudis mudah sekali menyerang anak-anak. Kudis bisa didapatkan di sela-sela jari tangan, pergelangan tangan dan pinggang dan penyakit kudis ini menular. Pada umumnya penularannya bisa melalui handuk atau pakaian yang digunakan secara bergantian. Kudis bisa diobati dengan salep khusus kudis. Jika gatal terlalu mengganggu segeralah untuk ke dokter.

3. Jerawat

Jerawat sangat cepat muncul pada kulit yang berminyak dan kotor. Untuk menghindari terjadinya jerawat sangatlah mudah, cukup dengan mencuci wajah dengan bersih. Biasanya jerawat akan berhenti muncul jika telah memasuki usia di atas 25 tahun. Walaupun ada, tidak sebanyak sebelum di bawah 25 tahun. Diketahui jerawat ada beberapa jenis seperti jerawat biasa, jerawat batu dan komedo. Segera ke dokter kalau jerawat meradang dan menutupi hampir seluruh wajah.

4. Alergi (biduran)

Alergi merupakan keadaan dimana tubuh seseorang menjadi hipersensitif pada bahan-bahan yang umumnya bersifat antigenik atau bisa dibilang orang tersebut bersifat atopik. Dengan kata lain alergi muncul yang disebabkan karena bahan-bahan asing untuk sebagian orang mungkin tidak ada reaksi apapun. Dampaknya adalah kulit terasa kering, gatal, perih dan bisa tiba-tiba muncul kemerahan. Sebaiknya jauhi mandi dengan air terlalu panas dan konsultasikan ke dokter jika alergi sering muncul.

5. Vitiligo

Vitiligo, kondisi di mana kulit seseorang telah kehilangan melanin, yakni pigmen yang menentukan warna kulit, mata dan rambut. Jika melanin sudah mati dan tidak tumbuh lagi maka bisa saja memunculkan bercak-bercak putih yang tidak beraturan di kulit. Pada umumnya diawali dari bercak kecil yang kemudian akan membesar. Bagi yang mengalami hal tersebut seringkali stress sebab bercak ini sangatlah mengganggu penampilan. Sampai saat ini belum ada obat untuk Vitiligo. Melainkan hanya ada obat untuk memperlambat proses penyebarannya.

6. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang dapat menyerang kulit. Gejalanya adalah kulit terlihat bersisik yang berwarna keperakan dan disertai rasa gatal. Jika sisik terlepas akan menimbulkan bintik perdarahan di bawah kulit. Psoriasis bisa saja muncul di siku, lutut, genital, telapak tangan serta kaki. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan.

***

Jika Anda perhatikan, hampir semua penyakit kulit disebabkan karena kurangnya dalam merawat dan menjaga kebersihan kulit. Sebaiknya mandilah minimal 2 kali sehari dan bersihkan wajah setelah dari luar dan sebelum tidur. Semoga bermanfaat.