Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

5 Tips Dan Cara Mengasuh Anak Agar Tidak Bandel

Mendidik anak untuk selalu disiplin dan tidak bandel memang tidak semudah yang kita pikirkan. Jika kita mendidik anak dengan pendekatan yang salah, terkadang anak akan melakukan pemborontakan atau penolakan ketimbang mengikuti saran anda atau perintah kita. Tidak sedikit orang tua memarahi anak bahkan memukuli anak mereka ketika anak telah melakukan kesalahan atau penolakan saran dari orang tua mereka.

Mendidik anak dengan menekankan kekuatan atau perlakuan kasar seperti memarahi atau memukul hanya membuat anak semakin membandel dan secara tidak langsung kita telah mengajari dan membentuk anak menjadi anak yang keras suatu saat akan mengikuti apa yang kita perbuat terhadap mereka.

5 Tips Dan Cara Mengasuh Anak Agar Tidak Bandel

1. Jika anda menginginkan mereka penurut
Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka. Jika anda ingin melihat mereka mengerjalan atau melakukan sesuatu, anda sebaiknya memberikan contoh terlebih dahulu. Misalnya, membuang sampah di tempat yang tepat, merapikan tempat tidur setelah bangun atau mengunyah makanan tanpa bersuara, sebaiknya anda yang memberikan contoh pada anak-anak anda.

2. Tidak memarahi anak anda
Jangan pernah memarahi anak hanya karena masalah sepele atau karena kesalahan kecil yang telah mereka lakukan tetapi bimbinglah anak anda agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama. Memarahi anak sebenarnya itu hanya menunjukkan titik kelemahan anda. Anak-anak akan dengan cepat menangkap reaksi anda dan bahkan bisa ditiru oleh anak.

3. Selalu memperlakukan anak-anak sebagai orang dewasa
Pikiran anak meskipun belum dewasa, namun anak-anak juga mencari penghargaan ataupun membutuhkan sanjungan terutama dari oang tua mereka sendiri. Pemberian sanjungan karena telah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, memberi kesempatan untuk memutuskan pilihan mereka pada saat ingin membeli pakaian misalnya akan membuat mereka merasa dihargai dan akan berpengaruh positif pada sifat anak untuk selalu menghargai orang tua ataupun orang lain.

4. Jika anak nakal di tempat umum
Bersabarlah dan mencoba untuk memberikan pandangan yang baik pada mereka. Jika mereka masih tidak memperhatikan nasehat dan bimbingan anda, diancam dengan hukuman. Namun, ingat untuk tidak menaikkan nada suara anda atau memukuli anak, karena dengan cara memukuli anak hanya akan membuat mereka lebih nakal lagi.

5. Jika anak nakal di depan orang lain
Jangan berteriak atau langsung membentak anak anda. Tunggu sampai anda kembali ke rumah atau orang lain tersebut sudah pergi. Kemudian menjelaskan secara tegas bahwa perilaku semacam ini tidak dapat diterima. Juga mengingatkan anak bahwa jika mengulangi perilaku ini akan diberikan hukuman.

Anak pada dasarnya dilahirkan dalam keadaan suci dan tak mengenal sifat pembangkangan pada orang tua, orang tualah yang membuat anak tersebut tumbuh menjadi anak demikian. Hati-hatilah dalam mendidik anak kita, karena jika kita salah dalam mendidik anak,  kita sendirilah sebagai orang tua yang akan merasakannya. Semoga 5 tips dan cara mengasuh anak agar tidak bandel bisa menjadi masukan buat kita semua dalam membimbing anak.





Berikan Komentar