Loading...

Sebenarnya Apa Penyakit Demam Berdarah itu?

Sebenarnya Apa Penyakit Demam Berdarah itu?Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit tropis yang diakibatkan oleh munculnya virus dengue yang di bawa oleh nyamuk. Virus dengue terdiri dari empat macam, yaitu dengue tipe 1, 2, 3 dan 4. Tetapi tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

Virus dengue bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga bisa menimbulkan terjadinya perdarahan, sampai berujung pada kematian.

Proses terjadinya demam berdarah ketika udara panas di musim hujan dan paling sering terjadi di kota-kota, di tempat-tempat air tergenang, dan di tempat yang saluran pembuangan airnya buruk. Terutama di Negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia ini.

Loading...

DBD diakibatkan oleh munculnya virus dengue yang ditularkan lewat sebuah gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang berkelamin betina. Nyamuk Aedes aegypti yang warnanya hitam dan belang- belang ( loreng) putih pada seluruh tubuh berkembangbiak di tempat penampungan air ( TPA) dan barang-barang yang tergenang air misalnya, bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, ban bekas, dll.

Nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa berkembang biak di selokan /got atau kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah. Pada dasarnya nyamuk tersebut menggigit manusia pada pagi atau sore hari.

Ada tiga jenis penularan infeksi virus dengue, diantaranya, manusia, virus, dan vektor perantara. Virus dengue melakukan penularan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang telah membawa virus dengue. Gejala DBD pada dasarnya dikenal dengan demam tinggi secara tiba-tiba, terjadinya suhu badan sekitar 39-40 derajat celcius, yang akan berlangsung selama 2-7 hari. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit, saat kulit di ranggangkan bintik merah tersebut akan hilang. Terjadinya sakit kepala, pegal dan nyeri pada bagian persendian, mual dan muntah. Penyakit DBD ini bisa menular ke semua orang, namun pada umumnya akan menyerang anak-anak usia 4-10 tahun, sebab usia tersebut daya tahan tubuhnya sangat lemah dan belum sekuat orang dewasa.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda atau keluarga Anda sebaiknya lakukan pertolongan pertama pada penderita DBD seperti:

1. Anda harus memerikan minum sebanyak mungkin.
2. Kompres agar panasnya bisa turun.
3. Memberikan obat penurun panas.
4. Jika demamnya dalam waktu 3 hari tidak turun atau malah semakin naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.
5. Ketika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondisinya bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.

Saat seseorang yang pernah mengalami penyakit DBD, bisa terkena penyakit ini kembali, sebab pada dasarnya apabila penderita sudah tidak demam dan sudah menganggap sembuh, sehingga tidak melanjutkan untuk berobat lagi, maka kemungkinan virus yang masih tertinggal di tubuh akan berkembangbiak kembali. Jadi, Anda jangan anggap sepele penyakit demam berdarah ini.

Sebenarnya Apa Penyakit Demam Berdarah itu? | Arwis Sudding | 4.5