Loading...

5 Tips Mencegah Jerawat Haid

5 Tips Mencegah Jerawat HaidBanyak wanita mengalami pertumbuhan jerawat menjelang haid mereka. Dan tentu saja hal ini sebenarnya sangat mudah dicegah hanya dengan beberapa perlakuan khusus yang menyangkut pertumbuhan jerawat karena pengaruh hormonal ini.

Penyebab jerawat sebelum dan selama menstruasi memang sangat berhubungan dengan fluktuasi hormonal karena dapat memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak yang disekresikan pada kulit . Sekresi tambahan minyak ini merupakan faktor penyebab pembentukan jerawat.

Meskipun agak sulit untuk menghilangkan pembentukan jerawat sepenuhnya disaat menjelang haid namun setidaknya dengan melakukan pencegahan sangat memungkinkan untuk mengurangi pertumbuhan mereka.

Loading...

Tips sederhana dalam melakukan pencegahan tumbuhnya jerawat menjelang haid yaitu dengan menjaga keseimbangan pH kulit. Bagaimana caranya? Ikuti pembahasan dibawah ini:

1. Mengelola Stres

Untuk mencegah jerawat sebelum menstruasi yaitu dengan mengelola stres. Seperti kita ketahui bahwa stres disaat menjelang haid adalah salah satu penyebab utama hadirnya jerawat.

Oleh karena itu , memastikan diri untuk terhindar dari stres dengan melakukan tindakan preventif seperti melakukan meditasi, yoga, pijat relaksasi dan beberapa bentuk latihan yang dapat membuat diri terhindar dari stres.

2. Menjaga kulit tetap bersih

Pada hari-hari menjelang haid, kita bisa mengamati sekresi minyak yang berlebihan hadir pada permukaan kulit wajah kita yang jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Nah, ketika terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit, maka hasil akhirnya adalah munculnya jerawat meradang yang bertabur dipermukaan wajah kita.

Oleh karena itu, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan rutinitas perawatan kulit menjelang haid kita, seperti mencuci wajah secara teratur dengan menggunakan produk perawatan kulit berbasis air.

3. Diet sehat

Mungkin semua orang sudah tahu akan manfaat diet yang sehat, namun terkadang hal ini sering dilupakan atau disepelekan.

Nah untuk mencegah timbulnya jerawat menjelang haid yaitu dengan memastikan melakukan diet sehat seperti meningkatkan konsumsi buah dan sayuran segar serta menghindari jenis makanan dari daging dan makanan berminyak lainnya.

4. Menjaga hidrasi kulit
Menjaga hidrasi kulit utamanya disaat menjelang haid merupakan cara yang baik dalam mencegah timbulnya jerawat. Namun serigkali kita meremehkan pentingnya air minum ini.

Usahakan minum sebelum anda merasa sangat kehausan karena kehausan merupakan pertanda yang jelas bahwa tubuh telah mengalami dehidrasi . Oleh karena itu , biasakan minum satu atau dua teguk air setiap beberapa menit yang tidak hanya dapat mencegah timbulnya jerawat baru tetapi juga mampu menjaga kebugaran tubuh kita.

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk mencegah jerawat. Karena dengan berolahraga secara teratur Ini dapat membantu sirkulasi darah yang lebih baik yang pada gilirannya mengurangi masalah gangguan jerawat.

Demikianlah tips mengatasi jerawat haid diatas dan semoga tips tersebut bisa mengatasi permasalahan pertumbuhan jerawat yang biasanya hadir menjelang haid anda.

5 Tips Mencegah Jerawat Haid | Tim Redaksi | 4.5