Loading...

Cara Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Cara Mencegah Pertumbuhan JerawatJerawat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit sehingga ujung-ujungnya bisa membuat kita malu dan minder dalam dalam bergaul, apalagi jika masih seusia remaja.

Jerawat memang hampir tidak luput dikalangan remaja dan sebagian besar orang dewasa. Pada masa puber pada anak perempuan dan anak laki-laki harus lebih memperhatikan pencegahan jerawat karena peningkatan hormon (salah satu penyebab pertumbuhan jerawat) dikaitkan dengan masa pubertas.

Peningkatan aktivitas hormonal (akar penyebab jerawat) yang pada gilirannya menyebabkan kelebihan produksi minyak pada kelenjar sebaceous kulit.

Loading...

Nah dengan demikian pencegahan dan pengendalian jerawat pada usia remaja sebaiknya dengan menggunakan produk perawatan jerawat yang mengandung senyawa khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Dan salah satunya adalah benzoil peroksida (kadang-kadang dalam kombinasi dengan antibiotik eritromisin).

Menghindari makanan yang sarat lemak jelas merupakan suatu langkah pencegahan yang tepat. Demikian juga dalam hal menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Namun, satu kecenderungan yang biasa dilakukan para remaja yang berjerawat adalah dengan berendam diri diair asin atau mencuci muka dengan pasta gigi yang kuat dan senyawa kimia lainnya. Namun sebenarnya hal ini justru akan memperburuk masalah dengan mendorong peningkatan produksi minyak alami kulit yang bisa menimbulkan jerawat baru.

Keyakinan bahwa astringents mencegah sekresi minyak berlebih hanyalah mitos karena Astringents hanyalah sedikit berkontribusi mengatasi masalah minyak. Namun dapat menyebabkan kontraksi pada kulit yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit.

Tapi yang paling penting lagi untuk selalu diperhatikan dalam hal pencegahan jerawat adalah menjaga kebersihan rambut, apalagi jika rambut kita tergolong sangat berminyak.

Rambut berminyak dapat menyebabkan wajah turut berminyak terutama pada saat sehadis berolahraga atau memiliki rambut yang panjangnya sebahu.

Beberapa tips untuk kulit bebas jerawat lainnya seperti:

– Diet seimbang, mengkonsumsi secara seimbang makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk kulit seperti Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K dan Vitamin B yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas jerawat.
– Minum banyak air dalam setiap harinya tidak hanya membuat kulit tetap terhidrasi dan senantiasa tetap lembab, tetapi juga membantu dalam membersihkan racun tubuh. Dianjurkan untuk minum setidaknya 5-8 gelas air dalam setiap harinya.
– Melakukan kegiatan fisik secara teratur juga membantu dalam memberikan kulit yang kencang karena memfasilitasi sirkulasi darah yang baik dalam memasok oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Jadi olahraga teratur harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda.

– Jika anda adalah tipe yang suka mengoleskan make up pada kulit anda, pastikan untuk menghilangkan sisa make up nada sebelum pergi tidur. Gunakan pembersih wajah ringan untuk menyingkirkan semua kotoran dan bahan kimia dan mencuci muka dengan pencuci muka yang berbahan lembut.

Nah demikianlah cara mencegah pertumbuhan jerawat diatas agar semoga memberikan manfaat pada anda. Dan jangan lupa untuk tidur malam setidaknya 6-8 jam.

Cara Mencegah Pertumbuhan Jerawat | Tim Redaksi | 4.5