Loading...

Penyebab Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya

Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya Memiliki wajah yang cerah dan bebas dari flek hitam adalah harapan setiap orang, bukan? Namun kenyataannya masalah flek hitam pada wajah datang begitu saja tanpa kita sangka.

Apakah itu masalahnya dari penanganan jerawat yang salah, keseringan beraktivitas di bawah terik yang mengakibatkan pigmentasi, ataupun akibat pemakaian kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri.

Lebih utama dirasakan oleh para wanita pasca melahirkan karena memakai obat kontrasepsi. Hormon-hormon yang terkandung dalam alat kontrasepsi (pil KB) bisa mengakibatkan produksi pigmen kulit sehingga mengakibatkan flek pada wajah. Selain itu, penggunaan obat antibiotik, antiepilepsi dan anti radang bisa mengakibatkan flek pada wajah.

Loading...

Penggunaan kosmetik yang kemungkinan besar telah mengandung merkuri dan asam salisilat, pun bisa membuat wajah tersekena flek. Karena jika dipakai secara terus menerus, bisa mengakibatkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Disamping itu untuk Anda yang lagi dalam tahap proses perawatan bekas jerawat, flek dan bekas jerawat, pemakaian hidrokuinon sudah biasa dilakukan di klinik kecantikan ataupun di dokter specialis kulit. Hidrokuinon merupakan zat yang paling sering dipakai untuk mencegah timbulnya masalah hiperpigmentasi pada kulit.

Efek samping pemakaian hidroquinon, pada umumnya hampir meningkatkan sensitivitas kulitnya terhadap matahari. Sehingga telah disarankan pada saat menjalani perawatan untuk pemakaian tabir surya, dan menjauhi terkenanya sinar matahari yang berlebih.

Pada umumnya efek samping hidrokuinon merupakan kulit menjadi sensitif, dan diperingatkan untuk menghindari dalam pemakaian sabun keras pada area yang diberikan zat ini. Selanjutnya Anda bisa membaca tautan untuk cara perawatan kulit sensitif.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam

Dalam menghilangkan flek hitam di wajah bukan hal mudah sebab memerlukan perawatan secra rutin dan waktu yang cukup lama. Jika Anda menyenangi dengan perawatan alami, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini.

1. Dengan memakai jus citrus. Diketahui jus citrus telah terkandung di dalam buah-buahan seperti jus lemon, jus jeruk, jus nanas, jus tomat, jus kismis merah, dll, sudah biasa dipakai untuk membuat kulit menjadi terang. Jika kulit Anda sensitif terhadap asam yang dikandungnya, Anda bisa memadukannya dengan air mawar dan madu. Oleskan jus citrus pada wajah dan kemudian, mencucinya setelah 15 menit.

2. Anda juga bisa memadukan jus citrus dengan mentega susu. Caranya yaitu dengan mengambil empat sendok teh mentega dan dua sendok teh jus tomat.

3. Cara lain yang tren adalah dengan melakukan kombinasi dari satu sendok makan jus bawang dan dua sendok makan madu dalam waktu sekitar 15 menit. Anda bisa menambahkan cuka kalau mempunyai kulit berminyak.

4. Campurkan susu asam, krim dan madu. Sebaiknya pakailah setiap hari dalam waktu 10 menit untuk bisa menghilangkan bintik-bintik gelap alami.

5. Anda juga bisa mencoba jus lobak yang telah dicampur dengan susu hangat.

6. Buatlah pasta dari campuran air mawar dan serbuk cendana, setelah itu, oleskan pada wajah dan leher untuk dapat menghilangkan bintik-bintik gelap atau bintik-bintik usia pada kulit.

***

Selamat mencoba.

Penyebab Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya | Arwis Sudding | 4.5