Loading...

Apa Penyebab Skizofrenia ?

Apa Penyebab SkizofreniaPenyebab skizofrenia secara tunggal belum bisa dipastikan, namun para ahli meyakini bahwa skizofrenia dipengaruhi oleh beberapa faktor umum yang berkontribusi dan terlibat terhadap kasus skizofrenia ini.

Beberapa faktor yang kemungkinan terlibat sebagai penyebab hadirnya skizofrenia seperti faktor genetik, lingkungan dan lain sebagainya.

Dan berikut ini adalah kemungkinan faktor-faktor penyebab yang diperkirakan berkontribusi terhadap terjadinya skizofrenia, antara lain:

Loading...

Pengaruh Gen

Pada individu yang tidak memliki riwayat skizofrenia dalam keluarga mereka, maka kesempatan untuk mengembangkan skizofrenia kurang dari 1 % . Namun, risiko itu meningkat sampai 10 % jika salah satu orang tua mereka penderita skizofrenia.

Ketidakseimbangan kimia di otak

Para ahli percaya bahwa ketidakseimbangan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam timbulnya skizofrenia.

Para ahli juga percaya ketidakseimbangan ini kemungkinan besar disebabkan oleh gen yang membuat seseorang rentan terhadap penyakit skizofrenia. Beberapa peneliti lainnya juga mengatakan bahwa tingkat neurotransmiter lainnya seperti serotonin juga mungkin turut andil sebagai penyebab skizofrenia.

Perubahan fungsi utama otak seperti persepsi, emosi dan perilaku menyebabkan para ahli untuk menyimpulkan bahwa otak adalah situs biologis skizofrenia. Beberapa pendapat lainnya mengatakan bahwa skizofrenia dapat disebabkan oleh sinyal yang salah di otak.

Faktor hubungan dalam keluarga

Meskipun tidak ada bukti untuk membuktikan atau bahkan menunjukkan bahwa hubungan keluarga dapat menyebabkan skizofrenia, namun beberapa pasien dengan penyakit skizofrenia, ketegangan dalam keluarga dapat memicu kambuhnya penyakit skizofrenia ini.

Faktor lingkungan

Meskipun belum ada bukti yang pasti, banyak yang menduga bahwa trauma prenatal atau perinatal (sekitar 5 bulan sebelum dan sampai satu bulan setelah lahir) dan infeksi virus dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit skizofrenia.

Faktor stres

Stres sering mendahului munculnya skizofrenia. Sebelum gejala akut muncul dan terlihat dengan jelas, orang dengan skizofrenia biasanya diawali dengan sifat pemarah, cemas dan tidak fokus. Hal ini dapat memicu terjadinya masalah keretakan hubungan dalam rumah tangga, perceraian dan pengangguran.

Faktor mengkonsumsi jenis obat tertentu

Cannabis (ganja) dan Lysergic Acid Diethalamide (LSD) diketahui menyebabkan kekambuhan skizofrenia. Pada orang-orang dengan kecenderungan memiliki penyakit psikotik seperti skizofrenia, penggunaan ganja dapat menjadi pemicu awal munculnya gejala skizofrenia.

Jadi secara pastinya penyebab skizofrenia memang belum jelas, namun dari beberapa penelitian dengan mempelajari pada pasien skizofrenia, para peneliti berkeyakinan bahwa penyebab skizofrenia dipicu oleh beberapa faktor diatas.

Apa Penyebab Skizofrenia ? | Tim Redaksi | 4.5