Loading...

Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan Pencernaan

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan PencernaanDari sebagian orang, mungkin Anda salah satunya yang sering merasakan masalah dibagian pencernaan seperti diare, sembelit, atau wasir yang sangat mengganggu untuk melakukan segala macam kegiatan Anda sehari-hari.

Pada dasarnya masalah tersebut muncul ketika Anda sudah memakan berbagai macam makanan sehingga Anda telah menyimpulkan bahwa makanan adalah salah satu gejala yang menyebabkan timbulnya gangguan pencernaan.

Nah oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda lebih mengetahui makanan apa saja yang menjadi pemicutimbulnya gangguan pencernaan.

Loading...

Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan, sebaiknya Anda harus menghindari beberapa jenis makanan di bawah ini, diantaranya:

Gula Buatan

Jika Anda sering mengkomsumsi gula buatan, hal tersebut merupakan salah satu yang bisa menimbulkan terjadinya diare dan kram perut. Karena, jika Anda keseringan mengunyah permen karet bebas gula yang pembuatannya menggunakan sorbitol dipercaya bisa menyebabkan timbulnya diare dan kram. Kemudian, dengan mengkonsumsi lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari bisa menimbulkan terjadinya masalah dibagian usus. Hal ini terjadi karena dalam tubuh manusia tidak bisa mencerna sorbitol.

Fruktosa

Jenis gula fruktosa juga dikenal dapat menimbulkan terjadinya diare, kram dan perut kembung. Ada sebagian orang yang telah mencerna makanan manis dengan menggunakan fruktosa seperti soda, permen, jus buah bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, makanan tersebut bisa menimbulkan diare, perut kembung, kram dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

Makanan yang Digoreng

Yang dimaksud makanan yang digoreng di sini adalah makanan yang telah mengandung lemak yang banayak. Makanan dengan campuran lemak daging dengan mentega atau krim yang bisa menyebabkan penderitaan pada perut Anda. Sebaiknya Anda harus mengkonsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus dengan menambahkan sayuran sebagai pengganti mentega atau krim.

Makanan Berserat

Sebagian orang termasuk Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat sebab dapat mengatasi sembelit dan wasir. Tapi, yang Anda harus tahu kalau tidak sedikit juga yang harus mengurangi makanan berserat tinggi contohnya biji-bijian dan sayuran. Sebab, sistem pencernaan kita akan susah untuk menyesuaikan diri sehingga timbullah gas dan kembung. Nah, sebaiknya Anda cukup makan makanan yang berserat dan tidak terlalu banyak.

Aneka Produk Susu

Dengan mengkonsumsi susu merupakan salah satu makanan yang dapat menimbulkan terjadinya diare, perut kembung, dan masalah usus. Situasi tersebut bisa timbul karena kurangnya enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, gula yang diterkandung dalam susu dan produk olahan susu lainnya.

Makanan Pedas

Dengan seringnya Anda makan makanan yang pedas tidak hanya menimbulkan terjadinya masalah pada sistem pencernaan saja melainkan juga dapat terjadinya heartburn. Salah satu penelitian telah mengatakan bahwa, makanan dengan berbahan dasar cabai dan merica bisa menimbulkan terjadinya heartburn.

***

Oleh sebab itu, dengan menjaga asupan makanan memang sangatlah penting. Terlebih lagi bagi Anda yang mudah sekali memenderita pada masalah pencernaan. Semoga bermanfaat.

Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan Pencernaan | Arwis Sudding | 4.5