Loading...

Cara Mengatasi Kulit Tumit yang Kering dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Kulit Tumit yang Kering dan Pecah-PecahKulit kaki bagian tumit yang pecah-pecah memang dapat merusak penampilan, utamanya bagi seorang gadis atau perempuan secara umum.

Kulit tumit yang pecah-pecah ini merupakan indikasi bahwa ada kesalahan dalam merawat kulit bagian tumit.

Pecahnya kulit bagian tumit umumnya disebabkan karena kulit pada bagian tumit ini kurang lembab atau karena beberapa faktor lainnya seperti sering berdiri selama berjam-jam, penggunaan sabun yang keras, dehidrasi, cuaca dingin ataupun karena pengaruh paparan air disaat mencuci.

Loading...

Pada beberapa wanita yang mengalami kulit tumit pecah-pecah karena pengaruh kelebihan berat badan, pengaruh alas kaki, psoriasis, penyakit tiroid, diabetes dan sebagainya.

Tapi apapun penyebab kulit tumit pecah-pecah tersebut, berikut adalah cara alami untuk menyembuhkannya.

Cara Mengatasi Kulit Tumit yang Kering dan Pecah-Pecah

Rendam dengan air hangat
Untuk kulit tumit pecah-pecah, coba rendam kaki anda dengan air hangat yang telah dicampur dengan sabun pelembab, utamanya disaat anda hendak tidur malam.
Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam menghilangkan sel kulit mati disaat anda menggosok dengan batu apung nantinya.

Nah setelah anda selesai menggosoknya, jangan lupa untuk menerapkan krim atau pelembab kaki untuk mengembalikan kelembaban kulit ditumit anda.

Air Minum

Salah satu alasan di balik kulit kaki pecah-pecah adalah dehidrasi. Jika penyebab karena dehidrasi maka anda harus mengkonsumsi air yang cukup dalam setiap harinya.

Jus jeruk nipis

Jus jeruk nipis yang rasanya asam memiliki manfaat dalam memudahkan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati disekitar tumit.

Caranya, campur jus jeruk nipis anda dengan air hangat lalu rendam kaki selama beberapa menit dan kemudian gosok kaki dengan lembut. Hal ini sebaiknya anda lakukan setiap 3-5 hari sekali.

Pasta pisang

Gunakan pasta pisang pada bagian kulit tumit yang retak-retak tersebut dan diamkan selama 15 menit sebelum dibials dengan air dingin.

Lilin parafin atau lilin biasa
Lilin parafin atau lilin biasa dilelehan terlebih dahulu lalu campurkan dengan minyak mustard atau minyak kelapa untuk membuat pasta halus.

Oleskan pasta ini setelah anda melakukan eksfoliasi pada bagian kulit kaki yang retak-retak tersebut. Langkah selanjutnya adalah bungkus kaki anda sengan kaus kaki lalu keesokan paginya cuci kaki anda dengan air biasa. Lakukan cara diatas selama satu hingga dua minggu lalu lihat perubahan yang terjadi pada kulit tumit anda.

Gliserin

Gliserin dapat digunakan dalam dua cara untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah . Pertama , Anda dapat membuat campuran gliserin dengan air mawar dan menerapkannya pada tumit setiap hari selama hari selama dua minggu lalu lihat hasilnya.

Cara Mengatasi Kulit Tumit yang Kering dan Pecah-Pecah | Tim Redaksi | 4.5