8 Tips Memilih Pakaian Yang Berkualitas

Pakaian yang kuat dan tahan lama tidak selamanya harus dengan harga mahal dan terkadang pakaian yang berlabel mahal justru tidak begitu awet atau tahan lama. Untuk memilih pakaian yang berkualitas sebenarnya terletak pada cara kita mengenali ciri pakaian yang berkualitas baik.

Tak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan harga pakaian yang sedikit mahal pada umumnya awet dan tahan lama. Tapi terkadang juga harga yang mahal tidak menjamin kualitas pakaian yang kita beli, baru beberapa kali dicuci kainnya sudah mulai kasar atau warna yang mulai memudar. Selain itu terkadang pula kita melihat jahitan ada yang putus dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa kriteria memilih pakaian yang berkualitas yang bisa membantu anda saat berkunjung pada toko pakaian atau tempat-tempat penjualan pakaian agar anda tidak merasa kecewa dikemudian hari karena kesalahan dalam memilih pakaian yang berkualitas.

Loading...

8 Tips Memilih Pakaian Yang  Berkualitas
1. Bahan
Bahan pakaian yang terbuat dari serat alami selalu unggul dalam kualitas serta memiliki daya tahan lama. Beberapa bahan pakaian yang terbuat dari serat alami seperti sutra, wol, katun, dan linen. Serta beberapa bahan kain lainnya termasuk kasmir, alpaka, vicuna dan rami. Bahan pakaian dari serat yang diproduksi seperti rayon dan asetat dan serat sintetis lainnya seperti nilon, polyester dan acrylic.
2. Jahitan
Kriteria pakaian yang berkualitas selanjutnya adalah dilihat dari aturan umum jahitan tidak lebih dari dua belas stiches per inci.
Pastikan stiches tidak terlalu ketat dan menyebabkan bahan bergerombol atau dapat tertarik dengan cara apapun. Periksa benang yang longgar atau rusak yang dapat merusak jahitan pakaian dengan cepat dan menyebabkan rip atau lubang.
3. Lining
Lining (bahan pelapis kain utama) sebaiknya dipilih dari bahan yang halus dikulit , untuk masalah lining, pilihlah yang terbuat dari kain sutra, campuran katu sutra atau berbahan wol.

READ:  Tutorial Mengenakan Jilbab Paris yang Tepat

4. Pola
Membuat garis pola yakin sampai di jahitannya (kecuali item yang seharusnya terlihat funky dan tidak memenuhi sempurna). Stripes dan pola yang off adalah giveaway untuk konstruksi murah (mereka enggan untuk menggunakan kain lebih atau meluangkan waktu untuk membuat garis segalanya).

5. Jahitan Kancing
Memilih jahitan kancing bermodel X (silang) lebih baik dibanding jahitan kancing yang bermodel = ( sejajar) dan untuk lebih amannya baik diperkuat kembali. Kancing yang terselimuti dalam kain biasanya merupakan indikasi pakaian yang kualitas lebih tinggi.

6. Periksa aksesoris
Jika aksesorisnya berupa ikat pinggang, periksa untuk memastikan itu tidak terbuat dari plastik atau karton halus. Jika aksesorisnya terbuat dari plastik ini merupakan indikasi aksesoris yang kurang berkualitas.

READ:  Model Gaun Natal Trendy 2015

7. Ritsleting
Periksa ritsleting untuk memastikannya bahwa Ritsleting tersebut bekerja dengan baik dengan menggesernya turun naik dalam beberapa kali dengan cepat.

8. Produksi asal
Walaupun asal produksi pakaian tersebut tidak selamanya menjamin mutu pakaian yang dihasilkan namun pada umumnya pakaian yang diproduksi di Amerika Serikat, Italia, Perancis dan Spanyol sedikit lebih baik dibanding produk pakaian asal China dan Vietnam. Hal ini tergantung dari desainer mereka masing-masing.

Semua konsumen pakaian mengharapkan kualitas yang tinggi dan harga yang pantas, namun pada kenyataannnya terkadang kita tertipu dengan harga yang tinggi tapi mendapatkan pakaian yang kualitasnya sangat rendah. Untuk menghindari hal yang demikian cobalah memperhatikan 8 Tips Memilih Pakaian Yang Berkualitas diatas sebagai masukan jika anda hendak mengunjungi tempat penjualan pakaian disekitar anda.

READ:  5 Tips Memilih Busana Berdasarkan Bentuk Tubuh

Loading...