Loading...

Ramuan Alami untuk Atasi Kram Menstruasi

Ramuan Alami untuk Atasi Kram MenstruasiMenstruasi adalah bagian alami dari kehidupan seorang wanita, tapi terkadang saat menjalani haid, nyeri dan kram menstruasi hadir dengan sangat menyakitkan.

Kram menstruasi disebabkan oleh zat yang mirip dengan hormon yang disebut prostaglandin yang menyebabkan otot-otot rahim untuk berkontraksi saat menstruasi.

Kram dapat menyebabkan nyeri atau berdenyut di perut bagian bawah dan kemudian menyebar pada bagian punggung bawah dan paha.

Loading...

Kram biasanya mereda setelah dua sampai tiga hari pertama haid. Beberapa wanita merasa kram sebelum haid.
Beberapa faktor yang dapat memicu hadirnya kram menstruasi, seperti pubertas pada usia dini, genetika, pendarahan hebat selama periode dan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, gaya hidup, mengkonsumsi alkohol dsb.

Bagi beberapa wanita, kram menstruasi baru bisa hilang setelah melahirkan. Dan untuk meringankan rasa sakit karena kram mensturasi, ada beberapa jenis obat OTC yang dapat mengurangi kram.

Selain itu, beberapa ramuan herbal bisa lebih ektif dan cepat meredakan gejala atau bahkan mencegah kram yang bisa anda ramu sendiri dirumah.

Ramuan Alami untuk Atasi Kram Menstruasi

1. Jahe
Jahe merupakan tanaman yang sifatnya dapat menurunkan kadar prostaglandin penyebab kram saat menstruasi.
Caranya, parut sepotong jahe dan didihkan dalam secangkir air selama lima menit. Saring dan tambahkan sedikit madu dan jus lemon. Minum ramuan ini tiga kali sehari selama siklus menstruasi.

2. Kemangi

Kemangi diperkaya dengan asam caffeic yang sifatnya analgesik sehingga sangat efektif dalam mengurangi nyeri haid dan kram.
Caranya, tambahkan satu sendok makan daun kemangi pada satu cangkir air mendidih. Tutup rapat dan biarkan hingga dingin. Minum ramuan ini setiap beberapa jam untuk meringankan kram.

Anda juga dapat menghaluskan segenggam daun kemangi untuk mengekstraknya menjadi jus. Tambahkan jus kemangi 2sdt untuk satu cangkir air hangat. Minum ramuan ini tiga kali sehari selama anda merasakan nyeri haid.

3. Kayu manis
Kayu manis bersifat antispasmodic, anticlotting dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri haid. Knadungan kayu manis lainnya seperti kalsium, besi dan mangan.

Dengan membuat ramuan dengan membubuhkan bubuk kayu manis sebanyak ¼ sdt kedalam secangkir air panas. Biarkan selama lima menit, lalu tambahkan sedikit madu secukupnya. Aduk hingga merata sebelum diminum. Minum ramuan ini dengan dosis 2-3 cangkir sehari sebelum mulai menstuasi untuk mencegah kram menstruasi.

Tambahkan 1 ½ sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat. Minum tiga kali sehari pada hari pertama haid untuk menghilangkan rasa sakit saat menstruasi.

Demikianlah ramuan alami mengatasi kram menstruasi diatas semoga banyak manfaatnya untuk mengatasi masalah kram menstruasi yang anda alami ketika haid.

Ramuan Alami untuk Atasi Kram Menstruasi | Tim Redaksi | 4.5