Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Cara Membuat Sampo Yang Aman Untuk Rambut

Sampo adalah sebuah produk perawatan rambut yang digunakan untuk menghilangkan minyak, kotoran, partikel kulit dan lain sebagainya yang menempel pada rambut. Ketika sampo dikombinasikan dengan air, maka  secara aktif membersihkan rambut dan kulit kepala anda dari berbagai minyak , kotoran, termasuk dalam hal ini secara perlahan menghilangkan minyak alami yang melumasi batang rambut sehingga rambut anda terlihat kering dan kusam.

Selain dapat membersihkan rambut, sampo juga memiliki beberapa kelemahan yang bisa merugikan keindahan rambut kita sendiri.

Kelemahan dari sampoo:

Silikon kini umum secara digunakan dalam semua jenis shampo. Silikon ini berfungsi untuk memberikan penampilan rambut menjadi lebih lembut dan bersinar dengan cara melapisi batang rambut. Dengan adanya lapisan silikon pada rambut membuat kulit kepala anda tidak dapat bernapas dan rambut anda tidak dapat menyerap minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala, sementara minyak alami sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan rambut. Kerugian lain yang ditimbulkan silikon pada rambut adalah dapat menyebabkan kerontokan rambut secara berlebihan.

Sodium lauryl sulfate adalah deterjen yang mengandung kelompok sintetik, organik, bahan pembersih cair dan paling sering digunakan dalam pembuatan sampo. Natrium lauryl sulfate dapat mengeringkan dan membuat kekasaran rambut serta dapat menyebabkan iritasi pada mata, reaksi alergi dan kerontokan pada rambut rontok.

Sebenarnya sampo sangat baik jika hanya digunakan sesekali saja atau hanya digunakan dalam dua kali seminggu saja untuk mengontrol pertumbuhan ketombe atau rasa gatal pada kulit kepala.

Jadi untuk menghindari masalah yang ditimbulkan oleh sampo kita dapat menggunakan sampo berbahan dasar alami yang bisa kita buat sendiri dirumah.

Cara Membuat Sampo Yang Aman Untuk Rambut

Sampo Telur
Untuk membuat sampo yang aman untuk kesehatan rambut kita cukup mengambil 2 butir telur dan pisahkan antara kuning dan putih telur tersebut. Kocok putih telur hingga berbusa kemudian campur dengan kuning telurnya dan menambahkan sabun kastilia secukupnya. Terapkan ramuan tersebut pada rambut anda setelah dibasahi dengan air hangat kemudian tuangkan ramuan tersebut sedikit demi sedikit sambil melakukan pemijatan secara lembut pada kulit kepala anda. Biarkan rambut sekitar 1 menit sebelum anda bilas rambut anda dengan air hangat kembali.

Sampo Telur Dan Minyak Zaitun
Ambil satu telur dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun, jus lemon dan satu sendok teh dari sabun kastilia (sabun yang dibuat dengan lemak nabati murni) bersama dengan menambahkan beberapa setengah cangkir air atau teh herbal. Dapat pula menambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma pilihan anda. Setelah menggabungkan semua bahan lalu menghaluskannya. Ramuan tersebut anda aplikasikan pada kepala anda dan bilas rambut dengan air hangat. Anda dapat menggunakan sampo yang tersisa untuk digunakan selanjutnya dengan menyimpannya dalam lemari es.

Sering membersihkan rambut dan kulit kepala dengan sampo berbahan silikon akan merusak rambut anda secara perlahan dan untuk lebih amannya anda bisa mencoba Cara membuat sampo yang aman untuk rambut diatas. Selamat mencoba… !!!
.





One Comment

Berikan Komentar