5 Kebiasaan Orangtua Membuat Anak Susah Tidur

Secara alamiah tubuh orang dewasa sangat membutuhkan waktu istrahat 6-8 jam setiap harinya untuk mengembalikan kebugaran tubuh serta memperbaiki sistem dan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Demikian juga halnya pada bayi dan justru pada seusia bayi atau BALITA hampir semua waktunya dipergunakan hanya untuk tidur. Manfaat tidur bagi bayi/BALITA adalah untuk merangsang tumbuh kembang otak dan sekaligus merangsang pengeluaran hormon pertumbuhan bayi pada saat tidur.

Jika bayi mengalami gangguan tidur atau sulit untuk tidur sudah tentu akan merusak ataupun menghambat pertumbuhan bayi dan otak bayi secara perlahan. Oleh karena itu, pentingnya peran  orang tua untuk senantiasa menjaga dan mengontrol waktu tidur bayi.
Selain karena kondisi medis, kesalahan orang tua dalam mengasuh bayi yang mengakibat bayi mereka sulit untuk tidur pada waktunya. Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat beberapa faktor penyebab bayi sulit tidur seperti dibawah ini.

5 Kebiasaan Orangtua Membuat Anak Susah Tidur

Loading...
READ:  Penyebab dan Cara Mencegah Kelahiran Prematur

1. Melewatkan rutinitas tidur

Melewatkan waktu dan rutinas tidur yang mendukung untuk cepat terlelapnya bayi seperti tidak meredupkan lampu kamar, memberikan udara sejuk dalam ruangan, mempersiapkan tempat tidur bayi.

2. Mengabaikan isyarat tidur bayi

Bayi dan balita meskipun belum dapat berkomunikasi melalui bahasa atau ucapan, biasanya bayi akan mengirimkan tanda jika mereka sudah merasakan ngantuk atau merasa lelah seperti menggosok-gosok mata melalui kedua tangan mereka, menguap, aktivitas melambat, merengek dan rewel dan kehilangan minat untuk bermain.

3. Membuat anak untuk tidur lebih cepat

Terkadang orang tua merasa lebih cepat mengantuk ketika menunggui atau menidurkan balitanya. Karena rasa ngantuk orang tua, terkadang mereka melakukan apa saja yang penting balita mereka bisa tidur lebih cepat. Beberapa cara orang tua agar balita mereka segera tidur seperti mengayun, menggoyan, bernyanyi, mengusap punggung bayi. Jika hal ini sering dilakukan, akan menjadi suatu kebiasaan bagi bayi. Meskipun hal ini bukan suatu kebiasaan yang buruk namun akan menjadi masalah pada balita anda diaman mereka sulit tidur tanpa diperlakukan seperti kebiasaan mereka menjelang tidur.

READ:  Jenis Dan GejalaTumor Otak Pada Anak-Anak

4. Menempatkan dia untuk tidur di manapun Anda berada

Untuk mengembangkan kebiasaan tidur yang baik, bayi anda harus terbiasa tidur dimanapun selain diruang tidur kebiasaannya. Hal ini akan membantu dia terbiasa tidur dalam segala suasana.

5. Jadwal tidur yang tidak menentu

Tidur cukup teratur dan konsisten akan membantu anak mengantuk dan tertidur sekitar waktu yang sama setiap harinya, demikian pula sebaliknya jam tidur balita yang tidak menentu akan menyulitkannya cepat tertidur.

Tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan terutama pada masa pertumbuhan balita atau anak. Untuk normalnya anak sebaiknya mengambil waktu untuk tidur paling kurang 10 jam dalam sehari semalam. Namun terkadang hal itu tidak terpenuhi, dan anak sangat sulit untuk tidur lebih cepat. Hindari 5 Kebiasaan Orangtua Membuat Anak Susah Tidur seperti diatas semoga bayi, balita atau anak anda dapat terhindar dari insomnia.

READ:  Perkembangan Janin Usia18 hingga 21 Minggu

Loading...