Loading...

Cara Membuat Krim Malam Sendiri Dirumah

Cara Membuat Krim Malam Sendiri DirumahCara membuat krim malam sebagai bahan perawatan kulit dimalam hari merupakan hal terbaik yang anda bisa coba jika anda mendambakan kulit yang lebih cerah, mulus dan awet muda.

Memang, ada banyak krim malam yang dijual bebas ditoko kosmetika, baik yang berbasis kimia maupun krim yang berbahan dasar alami, namun tentunya harus mengeluarkan biaya lebih. Sementara ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat krim malam sendiri dirumah yang pastinya lebih menghemat keuangan kita.

Membuat krim malam sendiri dirumah hasilnya tidak kalah efektif dengan krim yang dipasaran jika hanya untuk membuat warna kulit lebih cerah, halus dan lebih awet lagi.

Loading...

Salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat krim malam ini yaitu buah apel, air mawar dan minyak zaitun. Mengapa memilih buah apel, air mawar dan minyak zaitun sebagai bahan utama pembuatan krim malam ini?

Alasannya adalah selain harganya masih terjangkau dan mudah didapatkan, juga karena buah apel kaya akan vitamin A, B dan C, serta betakaroten, asam malat dan antioksidan. Kesemua nutrisi ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit nampak lebih awet muda.

Malic acid yang terkandung dalam buah apel sebagai sumber asam alfa hidroksi berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembut dan halus karena sifat exfoliasi alaminya dan sifat Antioksidan yang dimilikinya sangat membantu dalam meningkatkan kecerahan dan peremajaan kulit.

Demikian pula halnya dengan ekstrak minyak zaitun dan air mawar. Minyak zaitun akan meningkatkan kemampuannya dalam meningkatkan kecerahan dan mengurangi pigmentasi kulit ketika dicampur dengan air mawar.

Minyak zaitun juga bekerja sebagai bahan pelembab alami kulit dan menunda efek penuaan pada kulit karena memiliki minyak dan antioksidan yang baik.

Manfaat air mawar sendiri yaitu dapat membantu dalam mengatasi jerawat, menjaga keseimbangan pH kulit, menyembuhkan luka, meregenerasi jaringan kulit dan merevitalisasi kulit yang telah tua. Selain itu, air mawar juga bersifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang cukup dalam melawan radikal bebas.

Dengan beberapa kandungan dan manfaat masing-masing bahan pembuatan krim malam diatas, maka tak dapat diragukan lagi akan hasil yang akan diberikan pada kulit kita.  Nah cara membuat krim malam ini, anda bisa lihat urutan-urutan pembuatannya agar hasilnya lebih baik seperti dibawah ini.

Cara membuat krim malam dirumah

  • Ambil daging buah apel yang telah pisahkan dari bijinya, potong kecil-kecil lalu diblender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun.
  • Setelah konsistensi bahan telah halus, lalu panaskan beberapa menit dengan menggunakan panci atau boiler lalu dinginkan bahan tersebut. Setelah dingin, campurkan ½ cangkir air mawar dan aduk hingga rata lalu simpan diwadah yang steril.

Nah demikianlah cara membuat krim malam sendiri dirumah, dan krim malam tersebut bisa bertahan selama 4-6 hari asalkan disimpan dalam lemari es.

“Gunakan krim malam anda setiap hendak tidur”.
“Gunakan apel hijau karena kandungan asam malatnya sangat tinggi yang bekerja sebagai toner kulit alami”.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik disaat menggunakan krim malam ini, berikut adalah cara menggunakan krim malam yang benar, seperti:

  • Bersihkan wajah dan leher dengan pembersih yang lembut lalu keringkan.
  • Oleskan krim pada kulit anda dengan jari-jari anda dengan lembut dalam gerakan melingkar.
  • Biarkan semalam dan di pagi harinya, bilas dengan air suam-suam kuku.

Selain dapat digunakan pada wajah dan leher anda, krim malam ini juga dapat digunakan pada tangan dan kaki.

“ Sangat cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitive”.

Catatan:
Dalam memanaskan ramuan diatas, isi air setengah panci dan panaskan hingga mendidih. Ketika air mulai mendidih, menempatkan mangkuk kecil yang berisi campuran apel dicampur dalam air. Biarkan mendidih selama beberapa menit dan kemudian matikan apinya untuk didinginkan.

Untuk meningkatkan manfaat kecantikan buatan sendiri apple krim malam alami ini, tambahkan satu sdt madu atau minyak vitamin E karena kedua bahan ini juga mampu memberikan kelembaban pada kulit, merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru dan membantu memudar noda atau flek-flek kulit.

Nah demikianlah tutorial atau cara membuat krim malam untuk kulit wajah diatas semoga hasilnya bisa membuat kulit anda lembut, cerah dan lebih menarik lagi.

Cara Membuat Krim Malam Sendiri Dirumah | Tim Redaksi | 4.5