Loading...

Tips Mencegah Sakit Tenggorokan Secara Alami

Tips Mencegah Sakit Tenggorokan Secara AlamiSangat sering kita alami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit pada tenggorokan adalah hal yang sangat mengganggu.

Tenggorokan yang sakit seringkali mengakibatkan rasa gatal dan sakit saat kita menelan makanan atau minuman.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai macam virus dan bakteri. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, makan makanan pedas atau karena perubahan musim.

Loading...

Jika ada diantara Anda yang sering mengalami sakit tenggorokan, berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah sakit tenggorokan tanpa harus memakai obat-obatan, diantaranya:

1. Berkumur Dengan Air Garam

Dari berbagai macam cara dan salah satu yang bagus yang harus dilakukan untuk mencegah gatal dan rasa sakit dibagian tenggorokan yaitu dengan memakai air garam.

Menggunakan air garam dengan cara berkumur dengan dua kali sehari dapat meringankan rasa sakit dan rasa gatal pada tenggorokan Anda. Selain itu Anda juga dapat mempergunakan cuka apel atau baking soda dengan campuran air yang hangat.

2. Minum Teh

Pada saat Anda mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya Anda minum teh. Minum teh herbal merupakan salah satu obat alami lain untuk mencegah terjadinya tenggorokan kering.

Anda sebaiknya dapat meminum teh tulsi, teh hijau atau chamomile sehingga membuat tenggorokan Anda menjadi tidak kering dan gatal. Dianjurkan agar Anda meminum teh secara teratur selama Anda mengalami rasa sakit pada tenggorokan Anda.

3. Minum Air Hangat

Pada saat Anda sedang mengalami yang namanya sakit tenggorokan, salah satu yanng harus anda lakukan adalah dengan memilih air hangat untuk Anda minum.

Anda perlu mengetahui kalau air hangat dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Sebelum Anda mengalami kesembuhan setidaknya Anda harus selalu mempersiapkan air hangat dan menghindari minum air es untuk sementara waktu.

4. Bawang Putih

Dengan menggunakan bawang putih juga dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk Anda. Didalam bawang putih telah mengandung anti septik alami yang dapat menghilangkan sakit dan gatal pada tenggorokan. Dengan mengunyah beberapa buah bawah putih dapat meredakan sakit tenggorokan Anda.

5. Madu

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan madu. Madu yang kita ketahui selama ini selain rasanya yang manis dan enak sekali madu ini juga dapat menjadi obat untuk memulihkan sakit tenggorokan Anda.

Minumlah madu yang dicampur dengan air hangat disaat Anda merasakan sakit pada tenggorokan Anda. Madu ini sangat baik untuk menyembuhkan sakit Anda secara alami.

***

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan tentang cara untuk mencegah sakit tenggorokan secara alami. Semoga bermanfaat.

Tips Mencegah Sakit Tenggorokan Secara Alami | Arwis Sudding | 4.5