Loading...

5 Penyebab Rendahnya Libido Wanita Pasca Persalinan

5 Penyebab Rendahnya Libido Wanita Pasca PersalinanGairah berintim wanita bisa meningkat dan bisa pula mengalami menurunan. Hal ini tergantung dari situasi dan kondisi dariĀ  wanita tersebut.
Seperti halnya pada wanita yang baru saja melakukan persalinan. Libido mereka mengalami penurunan hingga beberapa waktu kedepannya untuk menemukan libido kembali normal, dan waktu yang dibutuhkan tiap wanita tentu saja tidak sama.

Wanita yang mengalami penurunan nafsu bersetubuh yang dikaitkan dengan persalinan mereka dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut penjelasannya.

5 Penyebab Rendahnya Libido Wanita Pasca Persalinan

1. Penurunan hormon estrogen

Seperti kita ketahui bahwa tingkat estrogen yang tinggi mempengaruhi gairah wanita yang cukup tinggi pula dan demikian pula sebaliknya.
Nah disaat wanita telah menjalani kehamilan, proses persalinan hingga menyusui, secara alamiah kadar estrogen mengalami penurunan secara drastis. Dan pada saat yang sama pula kebanyakan wanta akan mengalami kondisi vagina kering karena pengaruh level estrogen yang rendah.

Loading...

Demikian pula halnya pada wanita yang mengalami menopause, level estrogen mereka sangat berkurang sehingga menyebabkan wanita mengalami vagina kering dan kehilangan nafsu birahi mereka.

2. Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan pasca persalinan dan beberapa kondisi lainnya yang dapat meimbulkan rasa sakit saat berintim menyebabkan mereka enggan berhubungan badan.

3. Kondisi tubuh yang masih lemah
Kondisi tubuh yang masih lemah pasca persalinan dan sedang menyusui biasanya menguras energy dan pikiran yang cukup besar sehingga hal ini akan berdampak pada penurunan libido seorang wanita.

4. Penurunan rasa percaya diri pasca persalinan
Tidak sedikit wanita yang telah menjalani persalinan pertama mereka merasa kurang percaya diri lagi. Alasannya tidak lain karena perubahan bentuk tubuh yang kurang ideal lagi ataupun karena vagina mereka mungkin kurang elastic lagi setelah persalinan melalui jalan lahir.

Tapi bagi ibu yang telah melewati persalinan lebih dari satu kali tentunya mereka sudah sedikit terbiasa dengan kondisi yang terjadi pada diri mereka.

5. Trauma persalinan
Ada beberapa wanita yang trauma setelah menjalani proses persalinan sehingga mereka enggan untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan mereka tanpa menggunakan kontrasepsi karena alasan takut hamil lagi.

Tapi celakanya dengan sering mengkonsumsi pil KB tertentu dapat menghambat produksi hormone estrogen mereka yang pada akhirnya mereka akan mengalami penurunan gairah atau libido secara bertahap.

Tapi sebenarnya apapun kondisinya, sebaiknya tetap menjalani rutinitas berintim demi kesehatan mental dan keharmonisan dalam rumah tangga anda. Dan jika ingin meningkatkan libido anda kembali, cobalah konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi hormone estrogen anda utamanya makanan yang beraasal dari kacang-kacangan dan kerang-kerangan.

5 Penyebab Rendahnya Libido Wanita Pasca Persalinan | Tim Redaksi | 4.5