Loading...

6 Tips Merawat Kulit untuk Wanita Menopause

6 Tips Merawat Kulit untuk Wanita MenopauseCara merawat kulit agar mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya dengan memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan oleh kulit tersebut. Seperti halnya dengan perawatan kulit pada wanita yang telah menopause dimana kulit mereka cenderung lebih kasar, kering, cepat tua dan kehilangan elastisitasnya. Hal ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan penurunan kadar estrogen saat menopause.

Beda halnya dengan wanita yang masih produktif, masalah kulit yang muncul pada umumnya bukan disebabkan karena pengaruh hormone sehingga cara merawatnya pun mungkin tidak selalu sama pada kulit wanita yang menopause.

Nah, utnuk mengetahui bagaimana persisnya merawat kulit pada wanita yang menopause ini dapat kita lihat seperti beberapa pembahasan singkat dibawah ini.

Loading...

6 Tips Merawat Kulit untuk Wanita Menopause

1. Menghidrasi Kulit
Dehidrasi dan kekeringan pada kulit adalah masalah utama dari kulit wanita yang telah menopause. Jadi dengan mengkonsumsi sejumlah air sangat penting untuk menjaga tingkat hidrasi kulit.

2. Asam Lemak Esensial
Asam lemak omega 3 salah satu kebutuhan utama pada kulit yang menopause. Peran asam lemak ini sendiri untuk mempertahankan tekstur kulit agar tetap lembut dan kenyal. Jadi, pastikan untuk selalu mengkonsumsi asam lemak omega 3 ini dalam jumlah yang cukup.

Sumber asam lemak omega 3 ini sendiri bisa ditemukan dalam bentuk supplemen maupun dalam beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, biji rami, ikan salmon dan lain sebagainya.

3. Hindari kosmetika berbasis kimia
Salah satu bentuk perawatan kulit yang tepat untuk wanita yang telah menopause yaitu lebih mengutamakan penggunaan produk-produk kosmetika yang berbahan dasar alami dan menghindari kosmetika yang berbahan dasar kimia.

4. Gunakan Sunscreen
Pastikan kulit telah terlindungi dari paparan sinar matahari untuk mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam kulit ataupun untuk mencegah kulit semakin kering.

Dan untuk itu, pilih tabir surya dengan SPF 20 atau lebih SPF yang lebih tinggi jika hendak berada diluar rumah dalam waktu yang lama.

5. Eksfoliasi secara rutin
Aturan perawatan kulit yang baik adalah dengan menjaga kebersihan kulit, melakukan eksfoliasi dan melembabkan kulit secara rutin.

Bersihkan kulit wajah setiap hari dengan menggunakan sabun khusus pembersih wajah yang sifatnya ringan dan bebas kimia.

6. Mengkonsumsi makanan yang tinggi estrogen
Seperti kita ketahui bahwa penurunan kadar estrogen merupakan pemicu munculnya beberapa masalah kulit. Nah untuk itu, kita bisa tingkatkan kadar estrogen kita melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari (makanan yang tinggi estrogennya).

Beberapa sumber makanan yang mengadung kadar estrogen yang tinggi seperti bawang putih, kacang kedelai dan produk olahannya, gandum, ubi, jagung ,minyak zaitun, pepaya dan biji rami.

Jadi bagi anda yang telah menopause atau sudah berusia 40 tahun keatas, disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung estrogen tinggi jika ingin tetap terlihat cantik dan menarik.

Selain beberapa manfaatnya untuk kesehatan kulit, dengan mempertahankan tingkat estrogen dalam kadar yang seimbang juga mencegah terjadinya masalah vagina kering dan beberapa masalah kesehatan lainnya yang dikaitkan dengan penurunan kadar estrogen ini.

6 Tips Merawat Kulit untuk Wanita Menopause | Tim Redaksi | 4.5