Loading...

9 Dampak Negatif Sering Begadang Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Sering Begadang Bagi KesehatanSudah menjadi kebiasaan setiap orang dalam begadang atau tidur diatas pada jam normal. Pada setiap orang mempunyai alasan tersendiri mengapa mereka sering begadang, biasanya diantara mereka sering mengalami seperti insomnia, masalah pekerjaan, menonton bola, internetan / main game, ngobrol dengan tetangga, dll.

Padahal orang yang sering begadang akan sangat mengurangi jam tidurnya, terlebih lagi apabila mereka harus bangun pagi untuk melanjutkan aktivitas mereka.

Selain itu, begadang dapat membawa dampak yang negatif bagi kesehatan, baik secara langsung maupun tak langsung.

Loading...

Berikut ini adalah dampak negatif sering begadang bagi kesehatan adalah:
Pertama, dampak negatif  begadang juga bisa mengakibatkan obesitas, karena dengan begadang dapat menjadikan metabolisme tubuh menjadi kacau, sehingga lemak sangat lebih mudah terbentuk. Dan terlebih lagi, mereka yang keseringan begadang biasanya membuat mereka menjadi merasa lapar dan ngemil yang justru akan meningkatkan berat badan semakin bertambah.

Kedua, dampak negatif sering begadang juga membuat imun tubuh menjadi lemah, kurangnya sel darah putih, sehingga tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Ketiga, dampak negatif sering begadang mengakibatkan biologis tubuh menjadi tidak stabil, sehingga untuk tidur pada waktu normal akan terasa susah bagi mereka. Membuat mereka memiliki jam tidur yang berbeda dengan jam tidur yang sebenarnya.

Keempat, dampak negatif sering begadang juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit jantung.

Kelima, dampak sering begadang yang menahun juga berpotensi mengakibatkan penyakit diabetes, karena pada hormon tubuh terganggu jadi produksi insulin dalam tubuh menjadi tidak normal.

Keenam, selain dari penyakit jantung dan diabetes akibat begadang, penyakit lainnya juga menyerang orang yang sering begadang seperti penyakit stroke, karena organ tubuh bekerja lebih berat dari yang seharusnya.

Ketujuh, dampak negatif begadang atau kurang tidur juga mengakibatkan seseorang menjadi stress secara emosional karena pikiran mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk beristirahat, dan hal itu dapat mengakibatkan penyakit darah tinggi dan penyakit no.4 dan 6 diatas.

Kedelapan, Pada umumnya, dampak negatif begadang yang paling cepat yang dirasakan secara langsung adalah sakit kepala.

Kesembilan, dampak negatif begadang dapat mengakibatkan saraf pusat menjadi lemah, akibatnya, seseorang sering menjadi pelupa, susah dalam berpikir, refleks lamban, dan susah berkonsentrasi.

Cukup jelas penjelasan dari 9 dampak negatif begadang diatas, sangat berbahayanya dampak begadang atau kurang tidur bagi kesehatan kita. Untuk memaksimalkan kebutuhan tidur, beberapa ahli kesehatan menyarankan kita untuk tidur minimal 7 sampai 8 jam sehari. Sudahkah anda mencukupi kebutuhan tidur anda?

Sekian informasi tentang Dampak Negatif Begadang Bagi Tubuh dan Kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

9 Dampak Negatif Sering Begadang Bagi Kesehatan | Arwis Sudding | 4.5