Loading...

Susu yang Mengandung Nutrisi Penting

Susu yang Mengandung Nutrisi PentingSusu adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh setiap orang. Susu selalu dikaitkan dengan kesehatan. Negara yang paling banyak mengkonsumsi susu adalah Amerika Serikat dan Eropa. Susu tersebut berasal dari banyaknya spesies hewan yang berbeda seperti sapi, domba, unta, ataupun kambing. Ada juga yang dinamakan dengan “Susu alternatif” seperti susu kedelai, susu almond, susu rami, dan masih banyak lagi.

Namun susu sapi mempunyai banyak rasa seperti rasa stroberi, cokelat, susu bebas laktosa, susu dengan tambahan omega-2, susu rendah lemak, dan sebagainya.

Kandungan Nutrisi dalam Susu
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu tergantung dari kandungan dari lemaknya. Secangkir susu (1 porsi) dengan 32,5% lemak bisa mengandung 146 kalori, 8 gram lemak, 13 gram karbohidrat dan 8 gram protein. Untuk secangkir susu tanpa lemak atau susu skim mengandung sekitar 86 kalori, 0 gram lemak, 12 gram karbohidrat, dan 8 gram protein.

Loading...

Ada beberapa jenis susu yang mengandung nutrisi penting, diantaranya adalah:
1. Kalsium
Salah satu sumber terbaik dari kalsium yaitu produk susu yang termasuk susu itu sendiri. Fungsi kalsium dalam tubuh sangat berperan banyak, tapi peran utamanya adalah memelihara dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain dari memelihara kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga sangat penting untuk mencegah pembekuan pada darah dan penyembuhan pada luka, menjaga tekanan darah agar tetap stabil, dan kontraksi otot termasuk detak jantung. Yang harus diketahui adalah ada sekitar 306 miligram kalsium dalam satu cangkir susu skim, dan salah satu hal terpenting adalah mengkombinasikan antara makanan atau minuman yang kaya akan kalsium dengan sumber vitamin D, karena dengan adanya vitamin D dapat membantu usus kecil dalam menyerap kalsium.

2. Kolin
Susu adalah salah satu sumber terbaik dari kolin, nutrisi penting yang bisa berperan untuk membantu tidur, pergerakan otot, belajar dan mengingat. Fungsi dari Kolin adalah membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan.

3. Kalium
Memiliki Kalium yang tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, perlindungan terhadap kehilangan massa otot, mempertahankan kepadatan mineral tulang dan penurunan risiko pembentukan batu ginjal. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian akibat semua penyebab. Asupan kalium harian yang direkomendasikan untuk semua orang dewasa adalah 4700 mg per hari.

4. Vitamin D
Kesehatan tulang sangat penting membutuhkan Vitamin D, agar dapat membantu dalam pembentukan, pertumbuhan, dan perbaikan pada tulang. Vitamin D juga sangat penting dalam penyerapan kalsium dan fungsi kekebalan pada tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin D biasanya menimbulkan osteoporosis, depresi , kelelahan kronis, nyeri otot, PMS, hipertensi, kanker payudara dan kanker usus besar.

5. Kandungan lainnya
Dalam Susu terdapat juga kandungan magnesium, fosfor, vitamin A, riboflavin, vitamin B-6 dan vitamin B-12.

Susu yang Mengandung Nutrisi Penting | Arwis Sudding | 4.5