Loading...

Pengaruh Oksalat Terhadap Masalah Kesehatan Tubuh

Pengaruh Oksalat Terhadap Masalah Kesehatan TubuhKita semua mungkin sudah mengetahui jika sayuran dan buah-buahan  merupakan makanan yang sehat. Tapi tidak demikian, makanan yang sehat pun juga dapat menimbulkan risiko dengan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena beberapa dari sayuran tertentu mempunyai zat yang apabila kadarnya terlalu tinggi, bisa mengakibatkan masalah kesehatan seperti batu ginjal.

Zat yang dimaksud yang kadarnya terlalu tinggi adalah zat oksalat. Zat ini bisa menimbulkan masalah dalam kesehatan contohnya batu ginjal dan sejenis nyeri. Oksalat adalah semacam asam organik yang pada umumnya sering terdapat pada tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun manusia. Dalam tubuh manusia juga terdapat kecenderungan untuk mengubah beberapa nutrisi seperti vitamin C menjadi oksalat.

Pengaruh Oksalat bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

Batu Ginjal
Dalam tubuh manusia terdapat asam oksalat yang dapat membentuk senyawa yang tidak larut dan tidak dapat diserat oleh tubuh. Bentuk dari senyawa ini dominan berbentuk kristal seperti jarum-jarum tajam yang menancapkan diri ke dalam jaringan, dan hal ini bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Sekitar 80% penyakit batu ginjal orang dewasa yang disebabkan oleh batu oksalat dan kalsium.

Ada sekitar 10 sampai 15 persen oksalat yang ditemukan dalam urin manusia yang memiliki batu kalsium oksalat. Batu ini bisa terbentuk oleh tubuh sendiri maupun dari makanan. Yang harus dipahami bahwa, batu ginjal dapat terjadi bukan semata-mata karena asupan oksalat, melainkan juga asupan dari kalsium, protein, dan air yang juga berfungsi dalam pembentukan batu oksalat.

Nyeri
Nyeri panggul kronis, nyeri vulva, fibromyalgia, dan beberapa jenis nyeri lainnya biasanya disebabkan oleh oksalat.

Asam Oksalat dan Cara Memasak
Dengan cara memasak tidak akan menurunkan kandungan dalam oksalat pada makanan. Dengan cara memasak sampai air mendidih hanya akan menurunkan kadar sebesar 10 sampai15 persen saja. Untuk itu, jika hanya ingin menurunkan kadar oksalat seharusnya tidak perlu terlalu lama dalam memasak sayuran. Selain itu, jika memasak sayuran sampai terlalu lama sangat mengurangi kadar vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam sayuran.

Jenis Makanan yang Mengandung Oksalat:
Sayuran
Sayur  yang mengandung oksalat seperti seledri, peterseli, bayam. Ada juga beberapa sayur lainnya yang juga memiliki oksalat diantaranya okra, bawang perai, labu siam, dan kacang buncis.

Kacang
Kacang yang mengandung oksalat diantaranya tanah, kacang almond, dan kacang mete.

Buah-buahan Lainnya
Buah-buahan yang mengandung oksalat adalah buah ara, buah anggur dan buah kiwi.

Makanan Lainnya
Makanan-makanan lainnya yang memiliki oksalat yaitu berupa kedelai dan produk-produknya, gandum, coklat, kakao, dan teh hitam.

Pengaruh Oksalat Terhadap Masalah Kesehatan Tubuh | Arwis Sudding | 4.5