4 Cara Merawat Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang sangat membutuhkan perawatan lebih dibanding dengan jenis kulit lainnya. Jenis kulit ini juga memerlukan kehati-hatian dalam merawatnya mengingat kulit sensitif ini sangat mudah teriritasi, terjadinya ruam maupun alergi. Beberapa masalah kulit sensitif tersebut bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari maupun karena kesalahan dalam menerapkan kosmetik.

Jika dibandingkan dengan kulit pria, kulit wanita sangat mudah mengalami iritasi dan kebanyakan disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik seperti anti penuaan dini, cream pemutih kulit maupun kosmetika yang sifatnya mengelupas kulit.

Gejala maupun gangguan kulit sebenarnya tidak perlu terjadi pada kulit sensitif kita jika saja kita pandai memberikan perawatan padanya.
Beberapa cara merawat kulit sensitif untuk mencegah terjadinya iritasi maupun alergi lainnya seperti:

READ:  5 Tips Perawatan Kulit untuk Remaja Putri

1. Sabun pembersih wajah
Menggunakan sabun pembersih yang kurang tepat dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif jika sabun pembersih tersebut mengandung bahan seperti sodium lauril sulfat, triclosan dan tetrasodium EDTA. Sabun pembersih yang tepat untuk jenis kulit sensitif sebaiknya memilih sabun yang mengandung natrium sulfat laureth.

2. Pelembab kulit
Memiliki kulit sensitif selain dapat mengalami gangguan karena paparan sinar matahari, cuaca yang panas, paparan AC maupun cuaca dingin dapat pula menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit kita. Cara mengatasi gangguan kulit karena cuaca panas, cobalah menggunakan pelembab kulit yang sesuai dengan jenis kulit sensitif anda.

3. Make-up
Eye shadow merupakan alat untuk mempercantik daerah mata, namun dibalik itu eye shadow bisa menimbulkan iritasi. Beberapa bahan kimia yang biasa ditemukan eye shadow seperti Ultramarine blue perlu dihindari.

READ:  Cara Menghilangkan Bulu dan Memutihkan Kulit Ketiak

4. Paparan sinar matahari
Pada umumnya kulit akan mengalami gangguan jika terpapar sinar matahari dalam waktu lama terutama pada jenis kulit yang sensitif. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan sunblock jika hendak beraktifitas diluar rumah.

Kulit sensitif sangat mudah dipengaruhi oleh keadaan lingkungan maupun karena penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Oleh karena itu sebelum menerapkan produk kosmetika pada kulit anda terlebih dahulu kenali jenis kulit anda.
Dengan menerapkan cara mengatasi kulit sensitif diatas, mungkin hal ini bisa membantu menghindari terjadinya iritasi dan alergi pada kulit anda.