Loading...

Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan TubuhKita pasti semua sudah tahu yang namanya buah labu, selain dari ukurannya yang cukup besar bentuknya juga bulat dan memanjang. Mengenai kegunaannya selain buah ini dapat dimakan langsung maupun diolah terlebih dahulu, buah labu ini juga penuh dengan nutrisi bermanfaat yang manfaatnya sangat besar seperti vitamin A, C, E, dan B, serta seng, kalium, dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi labu secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda.

Berikut Manfaat Buah Labu bagi Kesehatan Tubuh:
1. Membantu Mempertajam Penglihatan
Dalam mengkonsumsi labu terdapat vitamin A yang mampu membantu penglihatan Anda menjadi lebih baik. Untuk secangkir labu yang dimasak dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan adanya vitamin A sampai beberapa persen, belum lagi kandungan yang terdapat dari beta-karotennya dari labu tersebut, di mana tubuh juga akan memprosesnya menjadi vitamin A.

2. Mengurangi Risiko Kanker
Buah atau sayur yang berwarna oranye lainnya seperti wortel, ubi jalar dan labu sangat kaya akan antioksidan beta-karoten yang mempunyai fungsi dalam mencegah kanker. Makanan yang bersumber beta-karoten lebih  berperan aktif daripada suplemen. Selain itu, sterol dalam biji labu juga telah dikaitkan dengan perlawanannya terhadap jenis kanker tertentu.

Loading...

3. Memulihkan Kelelahan dengan Cepat
Dengan mengkonsumsi labu sangat berguna untuk membantu mempercepat pemulihan setelah melakukan olahraga yang berat. Dalam kondisi cuaca dingin maupun panas bukanlah alasan untuk berhenti berolahraga. Konsumsilah labu jika anda merasakan kelelahan ketika habis berolahraga karena labu adalah sumber kalium yang sangat tinggi, bahkan lebih besar daripada pisang.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Labu ini adalah buah yang memiliki serat yang tinggi (tiga gram per cangkir) dengan memiliki 49 kalori. Ini tentunya membuat labu menjadi salah satu makanan yang baik apabila anda ingin diet atau menurunkan berat badan. Buah labu yang kaya akan serat dapat mendorong seseorang untuk makan lebih sedikit. Orang yang mengkonsumsi makanan berserat sebelum makan siang diketahui mengasup kalori lebih sedikit.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Labu merupakan sumber nutrisi, yang didalamnya terdapat vitamin C yang memiliki peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Labu yang dimasak dalam secangkir dapat mengandung lebih dari 11 mg vitamin C, atau hampir 20 persen dari 60 mg vitamin C harian yang direkomendasikan untuk wanita. Sedangkan untuk pria, kebutuhan vitamin C hariannya adalah sekitar 75 mg.

Manfaat Buah Labu Bagi Kesehatan Tubuh | Arwis Sudding | 4.5