12 Manfaat Garam Selain Sebagai Bumbu Masak

12 Manfaat Garam Selain Sebagai Bumbu MasakManfaat garam selain untuk meningkatkan kenikmatan masakan juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat, bahan pengawet dan beberapa manfaat lainnya.

Sebenarnya ada banyak jenis garam yang ada saat ini seperti garam meja, garam mentah atau garam laut serta garam beryodium sebagai garam konsumsi. Garam yang sering kita gunakan tersebut juga biasa disebut sebagai natrium klorida.

Garam-garam lain dari hasil olahan dari natrium klorida seperti garam kosher dan garam Epsom juga dikenal sebagai magnesium sulfat.

Loading...

Pemanfaatan garam sudah dimulai sejak abad pertengahan sebagai bahan pembersih perabotan rumah. Dan mungkin hingga saat ini masih ada yang memanfaatkan hal ini sebagai bahan pembersih yang tentunya lebih ramah lingkungan,  murah dan tidak berbahaya.

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat garam tersebut, lihat pembahasan singkat mengenai 12 Manfaat Garam Selain Sebagai Bumbu Masak seperti dibawah ini:

1. Untuk mempercepat air mendidih
Garam dapat meningkatkan suhu air agar cepat mendidih, jadi jika kita ingin menghemat kompor gas anda saat memasak telur, coba tambahkan sedikit garam dalam air untuk telur rebus anda , hal ini akan membantu telur untuk cepat matang dan mengurangi waktu memasak.

READ:  Mengenal Penyebab, Tahapan dan Gejala Menopause

2. Garam untuk memeriksa kesegaran telur
Jika Anda ingin memeriksa kesegaran telur sebelum anda memasaknya, gunakan air dalam mangkuk dan tambahkan 2 sampai 3 sdt garam di dalamnya. Telur yang segar akan tenggelam di bawah dan telur lama akan mengapung.

3. Mencegah buah berwarna cokelat
Biasanya ketika kita mengupas atau memotong buah-buahan seperti pir dan apel, hanya selang beberapa saat buah tersebut mulai kecoklatan. Untuk mencegah perubahan warna ini coba tenggelamkan mereka di dalam air yang agak asin beberapa saat.

4. Menghilangkan bau tangan
Jika kita tak ingin tangan kita berbau bawang sehabis mengiris bawang, gunakan campur cuka dengan sedikit garam sebagai bahan pencuci tangan.

5. Mempertahankan kesegaran keju
Jika anda ingin menyimpan keju agar tetap awet, coba bungkus keju anda dengan kain katun tipis yang telah dibasahi dengan air garam secukupnya.

6. Membersihkan saluran wastafel
Campuran garam dan air panas ketika dituangkan diwastafel dapur dapat membantu untuk menghilangkan bau wastafel dan juga menghilangkan lemak yang menempel pada permukaan wastafel anda.

READ:  10 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Tidak Sedap

7. Membersihkan kulkas
Campuran air soda dan garam dapat membantu untuk memudahkan kita dalam membersihkan lemari es dan menghilangkan bau pada kulkas anda.

8. Menghilangkan noda membandel pada pakaian
Kesulitan dalam menghilangkan noda pakaian yang membandel? Garam dapat menghilangkan noda yang sulit dikeluarkan dari pakaian seperti noda karena getah anggur, darah dan juga noda keringat. Manfaat air garam juga dapat mencerahkan warna pakaian yang memudar karena pengaruh sinar matahari.

Caranya adalah bilas pakaian anda dalam air yang telah diberi sedikit garam dan air cuka . Ulangi bilasan pakaian anda hingga pakaian anda benar-benar cerah kembali.

9. Sebagai detergen semut
Semut terkadang sering membuat sarang pada dinding rumah dan untuk membuat mereka lari, taburi garam disekitar sarang semut atau pad airing-iringan semut. Demikian juga untuk mengatasi masalah rayap tyang sering membuat sarang pada dinding kayu ataupun kusen, jendela atau pintu anda.

10. Perawatan mulut
Garam sangat efektif untuk menjaga kesehatan mulut. Garam ini juga cukup membantu dalam membuat gigi bersih kemilau hanya dengan menggunakan 2 bagian baking soda dan 1 bagian garam untuk menyikat gigi anda.

READ:  Peran Penting Zat Besi Serta Sumbernya

Untuk menghilangkan bau mulut, coba berkumur dengan ramuan air garam. Caranya, gunakan 1 sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat. Hal ini juga dapat mencegah anda dari penyakit atau peradangan gusi serta dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

11. Meredakan gigitan serangga
Jika anda tersengat lebah dan terasa sangat menyakitkan, redakan saja dengan taburan garam didaerah sengatan lebah karena garam akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit karena sengatan tersebut.

12. Obat untuk Luka bakar
Garam adalah obat yang sangat efektif untuk luka bakar. Hanya menutupi area kulit yang mengalami luka bakar dengan garam, akan mencegah luka lecet yang akan terjadi serta dapat menurunkan rasa panas pada kulit anda.

Pemanfaatan garam selain sebagai pemberi rasa nikmat pada masakan juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnnya, dan semoga 12 Manfaat Garam Selain Sebagai Bumbu Masak diatas dapat memberikan manfaat untu kita semua.

Loading...