14 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

M14 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikanungkin tidak semua orang tahu tentang apa saja kandungan dan manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan meskipun mungkin saja buah ini telah  dikonsumsi setiap harinya baik dalam bentuk jus, salad ataupun dengan mengkonsumsinya secara langsung.

Alpukat merupakan buah yang tidak hanya diperkaya oleh lemak sehat tetapi juga segudang nutrisi penting. Maka tidak mengherankan pula jika alpukat ini sering dianggap sebagai makanan super karena kita dapat menemukan lebih dari 80 nutrisi yang terkandung didalamnya.

Alpukat atau dalam bahasa ilmiahnya sering disebut Persea americana ini sering dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai bahan masker untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

Loading...

Manfaat buah alpukat tidak hanya menyangkut masalah kesehatan kulit kita saja tetapi memilki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum dan berikut ini kita akan lihat satu demi satu.

14 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengurangi dampak kerusakan hati
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang melalui uji laboratorium menunjukkan bahwa alpukat dapat mengurangi jumlah kerusakan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, dan mengkonsumsi sebuah alpukat secara teratur dapat mengurangi kolesterol jahat sebesar 22 % dan pada saat yang sama dapat meningkatkan produksi kolesterol baik sebesar 11 % .

READ:  Manfaat dan Sumber Utama Vitamin E

3. Menjaga kesehatan jantung
Buah alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang bermanfaat untuk mengatur kadar homosistein pada level yang normal. Sementara kita ketahui bahwa dengan tingginya kadar homosistein dapat mengakibatkan peningkatan risiko penyakit jantung.
Beberapa nutrisi penting lainnya seperti glutathione, vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal juga berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mengontrol tekanan darah
Alpukat merupakan sumber kalium yang lumayan banyak, sehingga dengan sering mengonsumsi alpukat secara rutin dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

5. Senyawa anti – inflamasi
Buah alpukat juga diperkaya dengan phytonutrisi (system imun yang didapatkan dari tumbuhan) seperti flavonoid dan polifenol yang bersifat anti inflamasi dan sejumlah senyawa anti peradanagan lainnya.

Dengan kata lain bahwa dengan mengonsumsi buah alpukat berarti pula bahwa kita secara tidak langsung mencegah tubuh dari berbagai jenis penyakit yang sifatnya menimbulkan peradangan.

6. Meningkatkan visi
Sumber karotenoid seperti lutein yang tinggi juga dapat ditemukan dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan mata dan menyelamatkan kita dari katarak dan degenerasi makula.

READ:  7 Fakta Unik yang Dimiliki Seorang Wanita

7. Mengontrol gula darah
Serat larut yang terdapat dalam buah alpukat sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Tidak hanya itu, lemak tak jenuh tunggal yang hadir dalam buah alpukat juga sangat berperan dalam membalikkan resistensi insulin.

8. Mencegah terjadinya cacat lahir
Sering menkonsumsi buah alpukat semasa hamil dapat mencegah terjadinya cacat lahir seperti spina bifida dan cacat tabung saraf. Alasannya adalah karena buah alpukat turut diperkaya dengan tinggi folat tinggi( asam folat).

9. Mencegah Risiko Stroke
Buah alpukat diduga kuat dapat mencegah stroke. Studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan yang tinggi folat berada pada risiko yang lebih rendah terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang kurang atau tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

10. Mencegah terjadinya kanker
Alpukat mengandung banyak antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap efek berbahaya dari radikal bebas. Oleh karena itu beberapa ahli medis berkesimpulan bahwa buah alpukat juga berkontribusi dalam mencegah kanker mulut dan prostat. Sementara itu, Asam oleat yang ditemukan dalam alpukat dipercaya dapat mengobati kanker payudara.

READ:  Inilah Obat Penghilang Rasa Sakit Secara Alami

11. Menghambat proses penuaan
Glutathione yang hadir dalam buah alpukat tidak hanya membantu tubuh dari efek negative radikal bebas tapi juga mampu memperlambat proses terjadinya penuaan, mendorong berfungsinya sistem saraf dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Menghilangkan bau mulut
Salah satu solusi alami untuk mengobati bau mulut ada pada buah alpukat. Buah alpukat ini turut membantu dalam membersihkan usus dan saluran pencernaan secara umum.

13. Efektif dalam menambah berat badan
Alpukat mengandung tinggi kalori sehingga cukup baik untuk meningkatkan berat badan karena tidak mengandung lemak jenuh.

14. Bahan utama perawatan kulit
Alpukat digunakan dalam banyak produk kecantikan karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Buah alpukat ini mampu memelihara kulit dan memningkatkan kecerahan alami kulit. Manfaat lainnya adalah untuk mengobati penyakit psoriasis.

Dengan melihat kandungan dan manfaat buah alpukat diatas, maka sudah saatnya kita untuk selalu mengkonsumsi buah yang satu ini sebagai buah pelindung kesehatan kita. Dan semoga  14 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan diatas bisa menjadi bahan motifasi tersendiri untuk memperhatikan kesehatan kita.

Loading...