7 Kebiasaan Positif Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

7 Kebiasaan Positif Dapat Meningkatkan Fungsi OtakMenjaga kesehatan tubuh bukan hanya membahas tentang bagaimana cara menyehatkan panca indera ataupun organ-organ vital tubuh kita saja. Hal yang paling penting lainnya dan sering terlupakan adalah bagaimana cara menyehatkan dan mempertahankan fungsi otak sendiri.

Tidaklah heran jika peningkatan pasien yang mengalami masalah kognitif dan demensia, AlZheimer dan beberapa penyakit yang berhubungan gangguan pada otak sementara peran otak sendiri sangat vital.

Otak kita bertanggung jawab tidak hanya untuk melakukan tugas mental, tetapi juga membantu kita melaksanakan fungsi fisik. Oleh karena itu otak yang sehat merupakan prasyarat utama dalam menjalankan kegiatan fisik dan mental kita.

Loading...

Fakta unik dari  otak karena ada lebih  dari 1,1 triliun sel dan 100 miliar neuron dalam otak manusia rata-rata dengan kecepatan dalam mengolah atau memroses data paling lambat  adalah 260 mph atau lebih cepat daripada kecepatan mobil Bugatti Veyron Super Sport (mobil tercepat didunia).

7 Kebiasaan Positif Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

1 . Pelajari tentang otak dan apa fungsinya
Kita harus memiliki pemahaman tentang apa itu otak dan elemen apa saja yang terlibat dalam menjalankan fungsi otak. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan kemampuan otak dalam bekerja.

READ:  5 Cara Merawat Rambut Kering Yang Baik

Otak terdiri dari 3 sub – sistem utama yaitu neokorteks, Sistem limbik dan Cerebellum. Neokorteks melakukan pemikiran tingkat tinggi dan membantu melakukan tugas-tugas integratif seperti konseptualisasi, perencanaan dan mengontrol gerakan panca indera kita.

Sistem limbik bertanggung jawab atas emosi dan memori. Cerebellum mengatur pernapasan, detak jantung dan menjaga koordinasi motorik kita. Ketika kita menggunakan otak, neuron kita berinteraksi satu sama lain sehingga menghasilkan mempertahankan kenerja fungsi otak agar tetap aktif . Dnegan kata lain bahwa semakin sering kita gunakan otak untuk bekerja maka semakin aktif pula komponen otak.

2 . Diet sehat berarti membuat otak sehat
Namun fakta lain yang menakjubkan pada otak adalah bahwa otak beratnya hanya sekitar 1.300-1.400 gram tetapi dapat mengkonsumsi 20 % -25 % dari pasokan energi tubuh. Otak membutuhkan banyak glukosa, sementara penyebab utama demensia adalah menurunnya kemampuan otak untuk mengkonsumsi glukosa secara efisien.

Otak juga membutuhkan nutrisi yang kita konsumsi berupa asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 untuk fleksibilitas neuron. Kebutuhan otak lainnya berupa makanan antioksidan untuk mencegah kerusakan otak dari pengaruh oksidatif. Beberapa jenis makanan yang sifatnya antioksidant tinggi seperti bayam, kentang, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan buah jeruk .

READ:  14 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

3. Tubuh yang bugar akan membuat otak menjadi bugar
Penelitian terbaru telah membantu untuk menyimpulkan bahwa latihan fisik secara teratur dapat membuat otak lebih bugar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki aktifitas fisik tingkat tinggi memiliki mental yang lebih efisien.

Pada orang dewasa yang memiliki tubuh yang sehat memiliki kinerja kognitif yang lebih tinggi. Jadi dengan melakukan aerobik selama 30-60 menit dalam tiga kali seminggunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan memori dan dan kesehatan otak secara menyeluruh.

4 . Selalu berpikir optimis
Stres dan kecemasan dapat merusak neuron dan mencegah pembentukan neuron baru dihippocampus. Dan salah satu kunci agar otak tetap sehat adalah selalu berpikir positif dengan pikiran yang berorientasi kemasa depan. Mendekatkan diri kepada sang pencipta membuat otak akan selalu berfikir yang positif.

READ:  Mengatasi Kerak Di Selangkangan Pria

5 . Melatih otak
Kemampuan fungsi neuron tergantung dari cara kita memanfaatkan otak kita untuk berfikir. Makanya latihan berupa tantangan mental seperti kegiatan baru atau permainan yang melibatkan otak seperti bermain catur, permainan puzzle, Sudoku dan bermain musik dapat meningkatkan kebugaran kognitif.

6 . Jangan biarkan otak mengendap dan pension dalam berfikir
Perkembangan otak tidak pernah berhenti meskipun usia sudah terbilang sangat tua sehingga umumnya orang sudah pension dalam bekerja juga memensiunkan otak mereka untuk berfikir yang lebih berat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan fungsi otak seiring dengan penurunan aktifitas otak untuk berfikir.

7 . Tertawa itu menyehatkan otak
Orang yang memiliki sifat humoris umumnya memiliki system kekebalan tubuh yang tinggi dan jauh dari masalah yang timbul karena faktor stress.

Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya membahas tentang bagaimana cara menyehatkan panca indera ataupun organ-organ vital tubuh kita. hal yang paling penting lainnya dan sering terlupakan adalah bagaimana cara menyehatkan dan mempertahankan fungsi otak sendiri.

Loading...