Fakta Mengenai Alat Kontrasepsi Dalam Mencegah Kehamilan

Fakta Mengenai Alat Kontrasepsi Dalam Mencegah KehamilanCara mencegah kehamilan merupakan topik yang terus dipertanyakan oleh kebanyakan orang utamanya bagi mereka yang belum merencanakan kehamilan mereka.

Sebenarnya sudah sangat banyak tips yang bisa kita jumpai dimedia mengenai cara-cara mencegah kehamilan tersebut namun mengapa masih banyak wanita yang kecolongan (menjadi hamil). Mengapa demikian? Apakah ada yang salah dengan tips itu ataukah para pelaku sering mengabaikan tips tersebut.

Ada beberapa cara efektif untuk mencegah kehamilan yang mungkin bisa membantu anda agar kehamilan yang tidak diharapkan tersebut tidak terjadi meski anda sering berhubungan intim dengan pasangan anda.

Loading...

Cara mencegah kehamilan yang paling tepat adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi yang disarankan oleh dokter. Dan berikut ini adalah beberapa fakta Mengapa alat kontrasepsi gagal mencegah kehamilan.

Fakta Mengenai Alat Kontrasepsi Dalam Mencegah Kehamilan

  • Tidak mengkonsumsi alat kontrasepsi secara teratur
READ:  Apa Itu Vagina Kering ?

Wanita yang mengkonsumsi alat kontrasepsi atau menggunakan kontrasepsi rutin setiap hari hanya sekitar 5 % mengalami kehamilan yang tak terduga dibandingkan dengan mereka yang tidak konsisten dalam penggunaan kontrasepsi semntara wanita yang yang tidak konsisten sekitar 95 % kemungkinanya tiba-tiba hamil . Oleh karena itu , jika Anda benar-benar ingin melakukan pengendalian kelahiran maka anda harus konsisten menggunakan kontrasepsi ini anda.

  • Cara memilih pil KB yang cocok

Hampir semua pil KB yang tersedia di pasaran memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Tapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih pil KB yang ingin anda gunakan yaitu mengetahui dan mencari tahu pil apa yang cocok untuk anda dan mana pil yang dapat memicu efek samping pada diri anda dan terkadang Pil KB tersebut kurang bekerja dengan maksimal.

READ:  6 Tips Mendapatkan Teman Kencan Dimalam Valentine

Hampir semua pil KB memiliki efek samping dan untuk memastikan hal ini ebaiknya konsultasikan dulu pada dokter keluarga anda. Biasanya dokter anda menyarankan pil yang cocok buat anda.

  • Penggunaan Alat Kontrasepsi yang Lama

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa IUD tidak aman dan efektif tetapi menurut penelitian terbaru, telah ditemukan bahwa IUD memiliki 20 kali lebih efektif dibandingkan pil dalam mengendalikan kehamilan yang tak terduga.

  • Pil KB Bisa Menambah Berat Badan

Ada pendapcat bahwa pil KB bisa menambah berat badan bagi wanita yang mengkonsumsinya. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa , hal ini tidak terjadi dengan pil yang agak modern yaitu progestin. Pil progestin adalah pil sintetik yang memiliki khasiat hampir sama dengan progesteron progestasional untuk mencegah kehamilan.

Dan menurut para ahli bahwa mereka yang cenderung berat badan mereka meningkat setelah mengkonsumsi pil KB karena alasan bahwa wanita tersebut masih berusia muda ( gadis remaja) dan wanita yang sering gonta ganti pil KB.

  • Jangan Sering Mengganti Pil KB
READ:  9 Tips Membangun Hubungan Keluarga yang Harmonis

Sering mengganti pil KB atau sedang mengkonsumsi obat tertentu akan memiliki kecenderungan bisa mengalami kehamilan yang terduga. Oleh karena itu sangat penting untuk memberitahu dokter anda tentang obat lain yang anda konsumsi sebelumnya.

Beberapa obat tertentu lain seperti antibiotik, anti jamur, anti depresan dan beberapa suplemen alami bisa menggagalkan fungsi pil Kb yang anda konsumsi.

Fakta mengenai alat kontrasepsi yang gagal dalam mencegah kehamilan diatas semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam meningkatkan rasa optimis anda untuk menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan anda tanpa harus ragu dengan pendapat umum mengenai alat kontrasepsi yang kadang tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Loading...