Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Menatap Layar Komputer Terlalu Lama Akan Berdampak Negatif

Menatap Layar Komputer Terlalu Lama Akan Berdampak Negatif Kebanyakan orang sekarang ini yang telah menghabiskan waktu mereka sekitar 9 jam di depan layar, baik itu layar ponsel, komputer, tablet, ataupun televisi. Penelitian yang terbaru ditemukan dari Vision Council atau Asosiasi Perdagangan Nirlaba.

Ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, tapi kebiasaan itu dapat menimbulkan ketegangan pada mata, dan ini bisa mengakibatkan permasalahan pada penglihatan.

Dari berbagai peneliti telah mensurvei lebih dari 7000 orang diketahui yang dihabiskan mereka di depan layar televisi atau gadget yang terus-menerus meningkat, baik itu pada anak-anak ataupun orang dewasa. Selama kurang lebih satu tahun, jumlah orang yang mengaku menghabiskan waktunya hanya untuk di depan layar komputer maupun televisi hingga 10 jam terus-menerus meningkat sebanyak 4 persen.

“Di Amerika Serikat, sekitar 70 persen orang dewasa telah menderita ketegangan pada mata seiring dengan meningkatnya pemakaian perangkat elektronik. Orang yang berusia dari 18 hingga 34 tahun menderita ketegangan mata pada level yang lebih tinggi (45 persen) dibandingkan mereka yang lebih tua,” kata para peneliti.

Profesor bernama Douglas Lazzaro mengatakan bahwa berhadapan dengan layar secara terus-menerus bisa mengakibatkan berbagai macam masalah, khususnya pada mata. Semakin lama seseorang berada di depan layar komputer atau gadget lainnya, ketegangan mata juga akan semakin meningkat, dan hal ini bisa mengakibatkan sakit kepala.

Melihat terlalu lama layar televisi, komputer, atau tablet lainnya, kita juga akan memiliki kecenderungan dengan mata jarang berkedip. Dan apabila mata kita jarang berkedip pada saat di depan komputer, mnaka mata kita akan mengering, kata Dr. Douglas.

Asisten profesor Jacqueline Busingye, MD, juga mengatakan hal yang demikian bahwa kekeringan yang terjadi pada mata tersebut bisa mengakibatkan mata terasa gatal dan juga biasanya terasa panas seperti terbakar. Berhadapan dengan layar terlalu lama juga bisa menimbulkan masalah pada penglihatan untuk jangka panjang.

“Ada beberapa orang sudah meyakini kalau melihat layar elektronik seperti televisi atau komputer dapat mempengaruhi penglihatan dan akan menyebabkan mata menjadi rabun jauh. Memang hal ini terdengar kontroversial, tapi beberapa bukti telah menunjukkan kalau hal tersebut bisa saja terjadi pada siapapun,” kata Dr. Jacqueline.


Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *