5 Cara Mudah Menghilangkan Keloid

5 Cara Mudah Menghilangkan KeloidKeloid adalah bekas luka yang terus berkembang bahkan meskipun luka kulit kita telah sembuh. Keloid ini muncul ketika terjadi pertumbuhan abnormal pada jaringan fibrosa.

Beberapa pemicu keloid seperti jerawat, luka bakar ringan, luka karena gigitan, luka atau goresan juga bisa menyebabkan bekas luka yang berkembang menjadi keloid
Meskipun kehadiran keloid pada permukaan kulit kita tidak tergolong penyakit namun kehadiran mereka tersebut dapat merusak penampilan kulit kita.

Nah bagi yang sedang mengalami dan mempermasalahkan pertumbuhan keloid ini, ada beberapa perawatan yang tersedia untuk menghapus mereka dari permukaan kulit kita.

Loading...

Pada umumnya untuk menghilangkan keloid ini orang cenderung memilih cara operasi, suntikan atau perawatan laser untuk menyingkirkannya.
Sebenarnya selain cara-cara diatas kita juga bisa menghilangkan keloid ini dengan beberapa bentuk pengobatan rumah yang biayanya tentu lebih murah dibanding dengan menempuh operasi ataupun suntikan.

READ:  5 Cara Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

5 Cara Mudah Menghilangkan Keloid

1. Aloe Vera
Aloe Vera atau bahasa awamnya tanaman lidah buaya sangat efektif menghilangkan keloid yang terjadi.
Dengan membersihkan keloid terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat lalu mengoleskan gel lidah buaya tersebut maka keloid tersebut akan menghilang secara berangsur-angsur asalkan cara ini dilakukan 2 kali secara rutin.

2. Sari cuka apel
Sari cuka apel merupakan salah satu obat tradisional yang cukup efektif untuk menghilangkan keloid.
Dengan mengoleskan langsung sari cuka apel pada permukaan kulit yang berkeloid ini secara rutin. Namun terkadang pada kulit yang sensitive terhadap sari cuka apel akan mengalami iritasi.

Nah bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitive pada sari cuka apel ini sebaiknya menambahkannya terlebih dahulu dengan air biasa untuk mengurangi kosentrasi sari cuka apel.

READ:  Kulit Apel Sangat Baik Untuk Dikonsumsi

3. Vitamin E
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berperan penting dalam merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga Vitamin E dipercaya dapat menghilangkan keloid pada permukaan kulit.  Untuk memanfaatkan vitamin E dalam mengatasi keloid, saat ini telah tersedia krim vitamin E ataupun dalam bentuk kapsul.

4. Jus Lemon
Jeruk atau lemon merupakan buah yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita termasuk dalam hal ini untuk menghilangkan keloid.
Kandungan jeruk atau lemon ini diperkaya dengan vitamin C sebagai anti oksidan dan memiliki sifat antiseptic sehingga dengan menerapkan lemon ini dalam bentuk jus pada bagian kulit yang berkeoid maka kelid tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

5. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang biasa pula digunakan untuk keperluan pengobatan. Seperti halnya dengan permasalahn keloid, bawang putih dapat menghambat proliferasi fibroblast sehingga dapat mencegah pertumbuhan bekas luka lebih lanjut.

READ:  Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Batu Ginjal

Cara memanfaatkan bawang putih ini yaitu dengan mengambil 2 siung bawang putih lalu dihaluskan untuk mendapatkan ekstrak bawang putih ini.

Ekstrak bawang putih ini kemudian diterapkan langsung pada daerah yang terkena selama 10 – 15 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Namun, jika anda akan merasa iritasi atau terbakar setelah penerapan pengobatan ini maka anda dapat juga menggunakan gel Aloe Vera gel setelahnya untuk mendinginkannya.

Nah, bagi anda yang mengalami pertumbuhan bekas luka (Keloid) ini anda bisa menempuh cara tradisional diatas karena biasanya beberapa ramuan diatas sangat efektif untuk mengatasi permasalahan keloid.

Loading...