8 Penyebab Melemahnya Daya Ingat atau Memori

8 Penyebab Melemahnya Daya Ingat atau MemoriDaya ingat atau memory adalah kemampuan untuk mengingat kejadian masa lalu atau peristiwa yang sedang atau baru saja terjadi.

Daya ingat atau memory seseorang tidak selalu sama tergantung dari usia dan beberapa faktor lain yang mendasarinya.

Untuk individu usia lanjut, penurunan atau lemahnya daya ingat dianggap hal yang alami terjadi. Tapi jika individu yang masih berusia muda dan anak-anak mengalami penurunan atau lemahnya daya ingat tersebut tentu saja perlu dipertanyakan.

Loading...

Memori yang buruk dapat terjadi karena berbagai alasan yang berbeda. Penyimpangan memori dan kurang kosentrasinya individu pada suatu kejadian dapat menjadi alasan melemahnya memori atau daya ingat. Individu yang mengalami pelemahan memori biasa disebut dengan istilah demensia.

READ:  Jenis Makanan Penyebab Timbulnya Gangguan Pencernaan

Penyebab Melemahnya Daya Ingat (Memori)

Berikut ini adalah sejumlah faktor penyebab umum melemahnya daya ingat yang perlu kita ketahui, seperti:

  • Penuaan
  • Kurangnya konsentrasi
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Penyalahgunaan obat
  • Tumor otak
  • Kejang
  • Pengaruh obat-obatan tertentu

Terkadang lemahnya memori tidak dapat disembuhkan namun pada beberapa individu dapat keluar dari permasalahan melemahnya daya ingat tersebut.

Cara Menguatkan Memori

Berikut ini adalah beberapa cara menguatkan kembali memori yang lemah, antara lain:

1. Vitamin B1 (Tiamin)
Kekurangan vitamin B1 atau tiamin menjadi salah satu alasan melemahnya daya ingat. Oleh karena itu disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B1 ini.

Sumber utama vitamin B1 ini seperti gandum, kacang-kacangan, kacang polong, ikan,daging unggas, jagung, daging sapi,buah melon, semangka, jeruk, dsb.

READ:  8 Cara Mengatasi Kebotakan pada Pria

2. Blueberry
Blueberry adalah buah-buahan berair yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu dalam perbaikan memori jangka pendek.

3. Wortel
Wortel merupakan sayuran yang dapat menguatkan memori yang baik karena mereka adalah sumber yang kaya karoten. Kita bisa mengkonsumsinya dalam bentuk sayuaran maupun jus.

4. Telur
Telur memiliki substansi lemak yang disebut lesitin yang dapat menguatkan memori. Penguat memori ini juga hadir dalam kedelai dan minyak bunga matahari.

Jadi bagi mereka yang mengalami penurunan daya ingat sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B1, Vitamin E dan beberapa jenis makanan yang bersifat antioksidant lainnya serta menghindari beberapa penyebab menurunnya daya ingat.

READ:  Mengetahui Gejala dan Penyebab Asma

Loading...