Penyebab Utama Penyakit Kronis di Era Modern

Penyebab Utama Penyakit Kronis Diera ModernMembahas mengenai masalah kesehatan tidak lepas dari nutrisi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, jenis makanan yang kita konsumsi, olah raga dan bagaimana cara kita memanajemen hati dan pikiran kita.

Pola makan dan gaya hidup sehat merupakan faktor utama yang harus diperhatikan jika kita ingin hidup lebih sehat lagi. Beberapa penelitian para ahli menunjukkan bahwa sebahagian besar dari penyakit yang sifatnya kronis dapat dipicu oleh hal-hal diatas.

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama penyakit kronis diera modern yang bisa timbul  ketika kita salah dalam mengartikan kesehatan dalam hidup kita.

Loading...

1. Gaya Hidup
Disadari atau tidak bahwa gaya hidup sangat menentukan kualitas kesehatan kita. Seperti halnya dengan beberapa jenis penyakit kronis (penyakit jantung, kanker diabetes tipe 2 dan stroke) dapat kita hindarkan manakala kita menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita.

READ:  5 Penyebab Kulit Bagian Tumit Pecah-Pecah

2. Jenis Makanan
Salah satu penyebab rendahnya kualitas kesehatan disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang seberapa pentingnya jenis makanan yang akan kita konsumsi. Pilihan jenis makanan yang bernutrisi tinggi secara proporsional dari kebutuhan tubuh kita berbanding lurus dengan tinggi rendahnya kualitas kesehatan kita.

Ketika prinsip waktu adalah uang maka sebahagian besar dari kita terjebak dalam penerapan gaya hidup dan yang tidak sehat. Kita cenderung lebih memilih makanan instant tanpa memperhatikan lagi kandungan dan manfaat makanan yang kita konsumsi.

Memasukkan junk food bisa diibaratkan hanya menginjeksikan toksin kedalam tubuh kita maka tak heran jika hingga saat ini masih tingginya pasien yang perlu mendapatkan penanganan dari tim medis. Padahal semestinya dengan peningkatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dibidang medis bisa berkontribusi besar dalam mengurangi jumlah pasien.

READ:  Cara Menghindari Gigi Berlubang

3. Olah raga
Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita namun dengan kesibukan diri diera modern ini membuat sebahagian individu lalai dalam melakukan rutinitas olahraga.

Padahal dengan berolahraga secara rutin dapat menghindarkan kita dari berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, obesitas dan masalah kardio dan lain sebagainya.

4. Manajemen Stress
Kegagalan dalam memanajemen stress berarti memberikan peluang pada berbagai jenis penyakit untuk menggorogoti kesehatan kita.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stress sangat erat kaitannya dengan beberapa penyakit seperti Alzheimer, insomnia, hipertensi hingga kanker. Kegagalan dalam memanajemen stress juga dapat mendekatkan diri kita pada penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang tentunya juga lebih mendekatkan kita pada kematian.

READ:  Penyebab Skin Tag Pada Lipatan Kulit

Menyadari beberapa hal penting diatas maka sudah seharusnya kita menata kembali gaya hidup kita agar kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita. Waktu adalah uang, tapi jangan korbankan kesehatan kita karena kesehatan adalah segalanya dalam hidup kita sendiri.

Loading...