Jerawat Membandel? Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat ditentukan oleh kualitas dan porsi makanan yang mereka konsumsi setiap hari terutama pada makanan yang cukup nutrisi  seperti Protein, Vitamin, Mineral, Lemak, Karbohidrat dan susu. Namun terkadang disaat anak sangat memerlukan nutrisi untuk pertumbuhan tetapi seringkali kita menemukan anak kita dalam kondisi kehilangan nafsu makan atau kehilangan selera makan mereka.

Beberapa penyebab hilangnya nafsu makan pada anak bisa disebabkan oleh penyakit umum seperti pilek atau flu, juga dapat merupakan gejala kondisi medis yang serius atau bahkan tekanan psikologis. Selain itu cacing kremi, depresi,infeksi mononucleosis, kanker darah (leukemia) dan faktor makanan.
Untuk meningkatkan selera makan anak diperlukan obat perangsang nafsu makan agar semuanya bisa kembali normal.

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

1. Meningkatkan nutrisi
Mengkonsumsi nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin dan mineral dapat merangsang nafsu pada anak-anak terutama banyak mengkonsumsi buah-buahan segar karena mengandung vitamin A, C dan serat yang cukup tinggi.

2. Buah-buahan
Mengkonsumsi banyak buah-buahan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberry pada anak yang kehilangan selera makan akan mempercepat kembalinya selera makan mereka.

3. Sayur-sayuran
Meningkatkan sayuran berdaun hijau, bayam, selada dan kale juga dapat merangsang nafsu makan anak.

4. Hindari banyak gula dan pemanis buatan
Makanan yang banyak mengandung gula akan memberi efek negatif pada anak seperti dapat menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas pada anak. Selain itu dapat menurunkan nafsu makan anak karena anak selalu merasa kenyang.

5. Pemberian suplemen vitamin
Kekurangan vitamin dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, stres atau penyakit kronis yang disebabkan karena kekurangan vitamin.

Ada banyak suplemen vitamin yang bisa temukan dipasar atau toko obat disekitar kita. Bentuk suplemen vitamin seperti cair dan tablet tersebut yang telah dirancang khusus untuk anak-anak. Suplemen tersebut biasanya mengandung beberapa unsur vitamin seperti vitamin C, vitamin D, seng, kalsium dan B12 yang kesemuanya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Secara alamiah, tubuh membutuhkan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan terutama pada masa usia anak. Jika salah satu unsur penting yang tidak dipenuhi akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh anak tentunya. Oleh karena itu pentingnya menjaga selera makan anak dengan 5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak diatas, selamat mencoba.





Berikan Komentar