4 Gejala Rematik yang Sering Menyerang para MANULA

Gejala Penyakit RematikMemahami gejala rematik secara dini sangat penting artinya untuk segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya, karena penyakit rematik ini bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada otot dan persendian kita.

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana gejala rematik tersebut, mungkin ada baiknya untuk mengetahui apasih sebenarnya rematik itu?
Rematik sering di identikkan dengan penyakit penuaan. Jadi pada sebahagiaan orang berpendapat bahwa rematik ini hanya meyerang kaum MANULA saja, pada hal sesungguhnya penyakit rematik bisa menyerang individu pada usia muda.

Penyakit rematik merupakan suatu kondisi medis yang dapat mempengaruhi jaringan ikat kita. Dalam kasus-kasus tertentu, penyakit rematik mungkin karena pengaruh gangguan autoimun, misalnya rematik arthritis.

Loading...

Rematik atau arthritis ini disebabkan karena pengaruh sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal tubuh yang sehat sehingga menimbulkan beberapa gangguan berupa rasa sakit maupun nyeri.

READ:  Obat Alami dalam Mengatasi Sakit Maag

Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang berhubungan dengan rematik namun beberapa diantara sangat jarang terjadi.
Berikut ini adalah beberapa gejala rematik yang mungkin bisa kita rasakan. Dan jika anda mengalami salah satu dari gejala dibawah ini, segeralah hubungi dokter anda.

4 Gejala Rematik yang Sering Menyerang para MANULA

1. Pembengkakan pada sendi

Seseorang yang menderita gejala rematik seperti arthritis atau fibromyalgia, Anda mungkin mengalami pembengkakan parah sendi Anda.
Jika cairan menumpuk di dalam sendi lutut atau siku, mungkin didaerah tersebut akan terlihat bengkak dan meradang, dan jika kita menyentuhnya sedikit saja maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa sehingga aktivitas kita turut terganggu.

READ:  7 Bentuk Latihan untuk Ibu Hamil Disertai Gambar

2. Kekakuan pada Sendi

Kekakuan pada Sendi merupakan salah satu dari gejala rematik. Salah satu jenis penyakit yang menyebabkan sendi menjadi kaku dan sangat sulit untuk ditekuk atau di perpanjang adalah skleroderma atau lupus eritematosus sistemik atau penyakit lupus.

3. Nyeri Sendi

Nyeri sendi , pembengkakan atau kekakuan pada sendi yang disebabkan oleh penyakit rematik. Nyeri sendi ini bisa ringan ataupun parah, hal ini tergantung dari tingkat keparahan penyakit rematik kita.

Selain itu, nyeri sendi biasanya disebabkan oleh peradangan akut pada sendi, yang juga dapat menyebabkan pembengkakan atau iritasi pada sendi. Beberapa orang dengan nyeri sendi mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

READ:  10 Cara Mencegah Penularan Hepatitis

4. Kelelahan

Polymyositis adalah salah satu penyakit yang terkait dengan penyakit rematik. Polymyositis merupakan penyakit peradangan pada serat otok kita yang membuta tubuh terasa sangat lelah atau lemah meski dalam keadaan santai. Orang dengan penyakit rematik juga mungkin menjadi lebih mudah lelah dari biasanya atau mungkin mengalami kesulitan tidur.

Rematik atau arthritis adalah penyakit yang disebabkan karena pengaruh sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal tubuh yang sehat sehingga menimbulkan beberapa gangguan berupa rasa sakit maupun nyeri. Gejala umum rematik seperti nyeri sendi, lelah, pembengkakan pada sendi maupun berupa peradangan.

Loading...