4 Cara Menyuburkan Rambut agar Terhindar Dari Kebotakan

Penyebab Kepala BotakPenipisan rambut adalah gejala awal dari kebotakan kepala. Gejala kebotakan ini merupakan masalah utama bagi pria dan wanita ketika mereka mulai memasuki usia 35 tahun keatas.

Kebotakan ini biasanya diawali dengan  kerontokan rambut secara berlebihan. Selain karena pengaruh rambut rontok, stress merupakan faktor penyebab lain yang sering mengakibatkan kepala menjadi botak.

Awalnya mungkin kita menyepelekan masalah rambut rontok ini, namun sebenarnya rambut rontok tersebut merupakan sinyal bahwa rambut segera membutuhkan perawatan yang lebih serius lagi.

Loading...

Lalu bagaimana cara merawat rambut kita agar terhindar dari kebotakan? Berikut ini adalah bagaimana merawat rambut agar tumbuh subur serta kereontokan rambut yang berlebihan dapat diminimalisir.

4 Cara Menyuburkan Rambut agar Terhindar Dari Kebotakan

1. Diet yang Seimbang

Diet yang seimbang dengan memenuhi nutrisi untuk rambut tentu saja sangat membantu untuk mempertahankan kesuburan dan pertumbuhan rambut yang sehat.
Beberapa diet yang dimaksudkan disini adalah dengan meningkatkan mengkonsumsi makanan seperti Ikan salmon, kenari, tiram, ubi jalar, telur, sayur bayam, daging unggas dll.

• Ikan salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang sangat disarankan bagi mereka yang sedang berusaha untuk meningkatkan kesuburan rambut mereka.
Ikan salmon ini sangat kaya akan protein dan vitamin D. Kedua nutrisi ini merupakan sumber utama asam lemak omega 3 sebagai kebutuhan utama rambut kita. Selain ikan salmon anda juga dapat memilih ikan sarden sebagai sumber pengganti ikan salmon.

READ:  Cara Mengecilkan Pori-pori Secara Alami

• Kenari

Sumber asam lemak omega 3 selain dari ikan salmon, anda bisa mendapatkannya dari kacang kenari. Selain sebagai sumber Omega 3, kacang kenari juga sangat kaya akan biotin dan vitamin E, mineral dan tembaga yang membantu melindungi sel-sel rambut dan memberi cahaya kemilau pada rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok).

• Tiram

Kandungan nutrisi yang ada pada tiram ini sangat kaya akan seng sementara tubuh yang kekurangan mineral seng ini dapat menyebabkan rambut rontok, rambut kering, kulit kepala terkelupas serta beberapa masalah lain yang berhubungan dengan rambut.
Selain mengkonsumsi tiram, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, daging sapi dan telur sebagai pengganti tiram.

• Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar selain sumber karbohidrat, juga merupakan sumber antioksidan yang baik karena kandungan beta karotennya. Salah satu fungsi Beta karoten ini adalah untuk mengubah vitamin A yang aktif (retinol).

READ:  5 Penyebab Utama Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Manfaat vitamin A sendiri pada kesehatan rambut kita adalah membantu melindungi dan menghasilkan minyak alami pada kulit kepala. Kekurangan Vitamin A ini dapat menyebabkan rasa gatal dan ketombe pada kulit kepala. Pilihan lain selain dari ubi jalar dalam memperoleh beta karoten seperti wortel, melon, mangga, labu, apricot, dll.

• Telur

Telur merupakan sumber protein, dan mineral penting untuk rambut seperti seng, selenium, belerang, dan zat besi. Peran penting zat besi sendiri yaitu membantu membawa oksigen ke folikel rambut.

Defisiensi zat besi dapat menyebabkan anemia yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya rambut rontok, terutama pada rambut wanita. Selain telur, anda dapat mencukupkan kebutuhan zat besi anda pada ikan,daging ayam dan daging sapi.

• Sayur bayam

Sayuran bayam merupakan sumber zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C yang baik dan sangat penting untuk menutrisi rambut. Peranan bayam ini untuk menjaga folikel rambut dan kulit kepala yang sehat.

READ:  7 Cara Merawat Kulit Leher agar Halus dan Lembut

2. Minum banyak air

Minum banyak air setidaknya 8 gelas dalam setiap harinya untuk menjaga rambut dan seluruh tubuh terdehidrasi dengan baik.
Manfaat lain dari mencukupkan cairran tubuh diantaranya adalah membantu melarutkan makanan dan memudahkan proses pencernaan dan organ tubuh lainnya, mempercepat proses regenerasi sel kulit yang mati, membantu mengencerkan darah, sebagai toksifikasi dsb.

3. Kenakan Pelindung rambut

Kerusakan rambut sangat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu hindari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi pelindung, shampoo atau kondisoner tabir surya serta menjaga rambut dari paparan bahan kimia lainnya.

4. Menjaga Kebersihan Rambut

Menjaga kebersihn rambut dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Gunakan kondisoner rambut untuk menjaga kelembaban rambut sehingga rambut tidak mudah patah, kering dan rontok.

Penipisan rambut karena rambut yang rontok secara berlebihan merupakan awal dari kebotakan. Jadi, untuk mencegah kepala botak yaitu dengan menjaga kesuburan dan kesehatan rambut. Dan semoga 4 Cara Menyuburkan Rambut agar Terhindar dari Kebotakan diatas dapat membentu anda terhindar dari kebota.

Loading...