Kandungan dan Manfaat Buah Anggur Merah Saat Berbuka Puasa

Kandungan Gizi Buah Anggur MerahTanaman anggur dengan nama ilmiah Vitis vinifera ini memiliki varietas dan kandungan gizi yang berbeda-beda, ada yang diperkaya dengan antioksidan, flavonoid, anthocyanin, tanin dan beberapa nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kita.

Namun, secara keseluruhan buah anggur terdiri dari 80% air sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa atau disaat sahur untuk mencegah dehidrasi serta memberi jaminan kesehatan disaat menjalankan ibadah puasa.

Seperti halnya dengan buah anggur merah, buah ini mengandung resveratrol yang disebut polifenol yang sangat tinggi yang tidak ditemukan dalam anggur hijau.
Berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat anggur merah untuk kesehatan dan kecantikan kita.

Loading...

Kandungan dan Manfaat Buah Anggur Merah Saat Berbuka Puasa

Kandungan Gizi Buah Anggur Merah

Energi  : 69 kcal
Gula     : 15.48 g
Karbohidrat : 18,1 g
Lemak    : 0,0 g
Serat       : 0,9 g
Protein   : 0.72 g
Kolin      : 5,6 mg
Betaine  : 0,1 mg
Vitamin B1 (tiamin) : 0,069 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) : 0,07 mg
Vitamin B3 (Niacin) : 0,188 mg
Vitamin B5 (asam pantotenat) : 0,05 mg
Vitamin B6 (piridoksin) : 0.086 mg
Vitamin B9 (Folat) : 2 mcg
Vitamin B12 (cobalamin) : 0 mcg
Vitamin C (askorbat) : 10,8 mg
Vitamin K : 22 mcg
Kalsium : 10 mg
Besi : 0.36 mg
Magnesium : 7 mg
Mangan : 0,071 mg
Fosfor : 20 mg
Kalium : 191 mg
Sodium : 3.02 mg
Zinc : 0.07 mg
Air : 80 g
Pitosterol : 4,0 mg

READ:  Susu yang Mengandung Nutrisi Penting

(Kandungan gizi buah anggur diatas dihitung berdasarkan cakupan gizi dalam 100 gram buah anggur)

Untuk mendapatkan manfaat buah anggur secara maksimal, kita harus makan buah anggur merah bersama dengan kulitnya. Dan Berikut ini adalah beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan.

Manfaat Buah Anggur Merah pada Kesehatan

Merah anggur mengandung flavonoid, yaitu quercetin, saponin dan resveratrol. Flavonoid ini tidak hadir dalam anggur hijau. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang memberikan warna merah yang brilian untuk anggur merah.

1. Quercetin

Quercetin merupakan flavonoid yang paling penting untuk kesehatan yang dapat kita temukan dalam anggur merah. Quercetin ini bertindak sebagai antioksidan dengan mencegah akumulasi kolesterol dan juga membantu dalam pengobatan alergi karena anggur merah juga mengandung efek antihistamin.

READ:  Penyebab Skin Tag Pada Lipatan Kulit

2. Resveratrol

Seperti kita ketahui bahwa flavonoid adalah senyawa polifenol yang memberikan warna pada buah anggur atau dengan kata lain adalah resveratrol adalah senyawa polifenol yang memberikan warna pada buah anggur.

Studi dan penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat mencegah penyakit jantung dan juga kanker dan memperlambat penuaan dini pada kulit. Semakin terang warna anggur, semakin tinggi pula kandungan resveratrol seperti halnya dengan anggur merah.

3. Saponin

Saponin adalah senyawa yang dikenal memiliki kandungan antibakteri, antivirus dan anti tumor. Hal ini juga mencegah hadirnya kolesterol dalam aliran darah yang berarti bahwa ia memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung. Selain yang disebutkan di atas, ada senyawa polifenol lain yang bertindak sebagai antioksidan seperti katekin dan rutin.

READ:  7 Manfaat Garam sebagai Obat Alternatif

Anggur merah dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol, mencegah kanker dengan menghentikan atau mencegah pertumbuhan sel kanker.
Tingginya senyawa polifenol mampu memberikan manfaat yang terbaik dalam mencegah penuaan dini sekaligus sebagai antivirus dan anti tumor. Demikian Kandungan dan Manfaat Buah Anggur Merah saat Berbuka Puasa semoga ada manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan anda disaat menjalankan ibadah puasa anda.

Loading...