Pencegahan dan Pengobatan Kulit Jari yang Mengelupas

Merawat Kulit TanganKulit disekitar kuku anda sering mengelupas atau retak-retak? Mungkin hal ini disebabkan oleh hilangnya kelembaban kulit sehingga mengalami hal yang demikian.

Kulit mengelupas disekitar kuku dan bagian jari lainnya bisa juga juga disebabkan oleh kondisi penyakit seperti dermatitis kontak, eksim maupun karena pengaruh sirkulasi darah disekitar jari tangan anda terganggu.

Pada sebahagian orang, mengelupasnya kulit disekitar jari karena sering kontak dengan deterjen ataupun sabun yang berbahan kimia keras sehingga iritasi dapat terjadi.
Psoriasis atau dermatitis (alergi kontak) ini bisa disebabkan Sodium lauril sulfat (bahan kimia yang ditemukan dalam banyak sampo.

Loading...

Infeksi jamur seperti tinea manuum dan eksim membuat kulit daerah yang terkena nampak bersisik dan kering, gatal dan sensasi terbakar dapat dialami. Kadang-kadang, lepuh berisi cairan atau lesi juga dapat berkembang karena pengaruh eksim.

READ:  9 Solusi untuk Mengatasi Rambut Beruban

Selain penyebab umum, kelenjar tiroid yang kurang aktif yang diketahui dapat menyebabkan kulit dan rambut sangat kering, perubahan hormonal dan kekurangan vitamin mungkin juga ada hubungannya dengan kondisi ini.

Pilihan Pengobatan untuk Kulit Jari yang Mengelupas

Berikut ini adalah beberapa solusi yang aman untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami pengelupasan utamanya disekitar jari-jari anda. Cobalah Petroleum Jelly,Minyak yang kaya vitamin E, Krim yang kaya Vitamin E, Lotion Kalamin, Vicks VapoRub, Pelembab Shea Butter, Lotion Jagung, Pelembab Cocoa Butter, Bag Balm, dll.

Terlepas dari pilihan di atas, beberapa minyak alami yang dapat anda gunakan seperti minyak nilam, minyak kayu putih, calendula, lavender, cendana, akar wangi, almond, kelapa, zaitun, rami, jojoba, dll. Anda juga dapat mencoba menerapkan krim antibiotik topikal atau hidrokortison pada kulit yang sangat kering dan retak-retak.

READ:  Ciri-Ciri Penderita MERS

Jika kondisi ini disebabkan oleh infeksi jamur, maka akan membutuhkan aplikasi krim antijamur atau salep. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui krim antijamur yang efektif yang bisa anda pilih.

Penerapan minyak pohon teh atau minyak sereh juga memiliki sifat fungisida yang dapat membantu mengobati kulit mengelupas dan retak-retak serta mencegah penyebaran infeksi jamur ke daerah lain.

Ujung jari kering dan bersisik yang disebabkan oleh eksim dapat diobati dengan krim steroid topikal. Dokter Anda akan meresepkan dengan beberapa obat yang tepat untuk mengatasinya.

Tindakan Pencegahan  untuk Kulit Jari yang Mengelupas

  • Menjaga kulit anda terhidrasi dengan baik dan selalu terjaga kelembabannya.
  • Mengurangi atau menghindari paparan bahan kimia, penyebab iritasi dan deterjen.
  • Batasi penggunaan sabun dan pastikan bahwa anda melembabkan kulit tangan setelah mencuci dan juga sebelum tidur terutama selama musim dingin.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat atau asam alpha hidroksi, karena mereka sangat dapat membantu pengelupasan kulit kering dan tebal sekitar jari.
  • Setelah mencuci tangan, terapkan lotion humektan agar kulit anda selalu terjaga kelembabannya.
  • Minum banyak air dan jus buah untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi.

Namun, jika jari anda terus-menerus mengalami kekeringan dan pecah-pecah dan belum sembuh meski telah mencoba beberapa perawatan diatas, segeralah hubungi dokter anda. Siapa tahu kondisi kulit yang anda alami saat ini merupakan gejala dari penyakit lainnya.

READ:  5 Cara Magic untuk Menghasilkan Anak yang Cerdas

Loading...