Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Mencegah Trejadinya Kulit Kering Kulit kering dapat dialami oleh siapa saja utamanya bagi mereka yang memang tergolong berjenis kulit kering. Kulit kering ini dapat mempengaruhi hampir semua permukaan kulit kita seperti wajah, bibir, tangan, kaki dan bagian kulit lainnya.

Dampak dari kulit kering ini mengakibatkan kulit bersisik, kaku, kusam dan terkadang muncul garis-garis halus sehingga kulit nampak ketuaan dari yang seharusnya.

Penyebab kulit kering sendiri dapat dipengaruhi oleh pengaruh kurangnya nutrisi untuk kulit, faktor penyakit dan pengaruh cuaca. Selain beberapa factor diatas, kulit kering juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, genetic maupun karena karena tubuh mengalami dehidrasi.

Loading...

Khusus untuk kulit wajah, kulit kering ini terjadi ketika kulit kita kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelembabannya dan atau karena terjadi penurunan tingkat sebum dalam kulit kita.

Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya kulit kering ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kulit kita senantiasa lembab dan tetap awet muda. Dan untuk lebih jelasnya mari kita ikuti pembahasan singkat seperti dibawah ini.

READ:  Cara Alami Memperoleh Kulit Cerah Dan Sehat

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering

Faktor Dehidrasi

Salah satu factor penyebab kulit kering adalah karena dehidrasi. Oleh karena itu menjaga kulit agar tetap terdehidrasi dengan baik seperti minum banyak air, konsumsi minuman suplemen untuk mengganti ion tubuh yang hilang setelah mengeluarkan keringat yang banyak. Ganti minuman soda dengan jus buah atau sayuran. Hindari alkohol dan kafein karena minuman ini memiliki pengaruh negative pada kesehatan kulit kita.

Kurang Nutrisi

Memenuhi nutrisi penting utamanya vitamin A, B, vitamin C dan vitamin E merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit kita.
Diet seimbang seperti mengkonsumsi sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, biji-bijian dan kacang-kacangan cukup membantu dalam mempertahankan kelembaban kulit.
Makan makanan tinggi sulfur seperti bawang putih, bawang merah dan telur akan membantu kita untuk memiliki kulit yang lebih lembut.

READ:  Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kering

Faktor Cuaca

Cuaca ekstrim bisa menyebabkan kulit menjadi kering utamanya bagi mereka yang berdiam didaerah dingin, bekerja diruangan yang full AC ataupun daerah kering.
Untuk mengatasi kulit kering karena factor cuaca ini jangan lupa untuk selalu menggunakan produk pelembab kulit yang tepat. Sering merawat kulit dengan menggunakan masker pelembab alami adalah saran yang baik untuk mencegah atau mengatasi terjadinya kulit kering.

Perawatan kulit wajah untuk kulit sangat kering tidak hanya terbatas pada aplikasi pelembab sekali dalam sehari. Anda harus mencuci muka 2-3 kali sehari. Gunakan pelembab wajah yang telah lulus uji dari BPOM atau atas saran dari ahli dermatologis.

Perawatan Kulit Kering yang Benar

Exfoliating kulit wajah kering wajah dengan scrub yang berkualitas dilakukan sekali dalam seminggu, membersihkan kulit sebelum menerapkan pelembab sebelum tidur sangat penting dan membantu untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Hindari penggunaan pembersih kulit yang keras. Disarankan untuk memilih pembersih wajah yang berbahan dasar zaitun atau minyak almond. Sebelum anda menerapkan pembersih muka sebaiknya bersihkan wajah anda dengan air hangat lalu menerapkan minyak almond atau zaitun ini melalui bola kapas.

READ:  Cara Alami Untuk Meningkatkan Ukuran Payudara

Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai pembersih dan pelembab alami secara teratur. Hal ini akan menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit anda nampak halus dan lembut.

Lakukan pijatan wajah dua kali seminggu dengan minyak zaitun, minyak mawar, minyak cendana, minyak almond, minyak kelapa atau minyak wijen untuk menyembuhkan kulit kering dan gatal di wajah.

Kulit kering umumnya disebabkan oleh karena dehidrasi, pengaruh hormonal, cuaca ekstrem atau karena kesalahan dalam menerapkan make up. Ketika kulit kita mengalami kekeringan, permukaan kulit menjadi kaku,bersisik dan terasa gatal. Dan untuk mengatasinya, cukup dengan mencoba beberapa saran cara mencegah dan mengatasi kulit kering diatas. Selamat Mencoba

Loading...