Cara Medis dan Herbal untuk Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah

Obat Penghilang Flek Hitam DikulitSecara alami kulit mengalami penuaan dan kemudian meregenerasi dengan menghadirkan sel kulit yang baru. Namun seiring dengan usia,  kulit kita akan mengalami beberapa permasalahan termasuk diantaranya adalah hilangnya kekencangan kulit atau elastisitas kulit yang ditandai dengan kulit keriput.

Selain kehilangan elastisitasnya, munculnya bintik hitam atau flek hitam adalah masalah kulit lainnya yang berhubungan usia. Meskipun sebenarnya bintik hitam tersebut sebenarnya disebabkan oleh paparan sinar UV matahari namun flek hitam ini umumnya muncul ketika kita sudah berusia tua, sehingga bintik hitam ini juga sering diistilahkan dengan bintik penuaan.

Namun dewasa ini, bintik-bintik usia tidak hanya terjadi pada orang yeng telah berumur saja, Kalangan mudapun tidak luput dari bintik hitam ini jika sering terexposure sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Loading...

Ketika sinar UV mengekspos kulit kita dalam jangka waktu lama maka kulit kita akan meningkatkan produksi melanin untuk melindungi kulit dari segala bentuk kerusakan. Ketika hal ini terus berlanjut untuk waktu yang lama, maka melanin mulai terakumulasi ke dalam kelompok kecil yang muncul sebagai bintik-bintik berwarna gelap pada kulit.

READ:  Cara Menghilangkan Bulu dan Memutihkan Kulit Ketiak

Meskipun bintik-bintik usia dapat muncul di manapun pada tubuh, namun intik hitam ini paling sering muncul didaerah wajah, dada dan tangan.
Bintik hitam memang tidak menimbulkan masalah keehatan yang serius, namun kemunculan mereka tentu saja aan merusak kecantikan kulit, utamanya bagi mereka yang masih berusia muda.

Bagi anda yang mengalami hal yang demikian dan bermaksud untuk menghilangkan bintik hitam tersebut, mungkin tak ada salahnya jika anda mencoba beberapa saran dibawah ini.

Cara Medis dan Herbal untuk Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah

Secara umum, cara menghilangkan bintik hitam pada kulit dikelompokkan pada dua metode yaitu, metode perawatan medis dan metode herbal alami. Kedua metode ini anda bisa pilih, dan disini kita akan menganalisa kedua metode ini secara rinci.

1. Metode Perawatan Medis

  • Medis Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi menjadi metode populer untuk menghilangkan bintik-bintik usia karena telah terbukti sangat efektif. Selama proses ini, kulit yang terkena mesin khusus yang memancarkan kristal mikro halus yang tidak hanya menghilangkan lapisan atas kulit tetapi juga dapat menghilangkan kulit mati sehingga dapat menghilangkan bintik-bintik gelap.

  • Pengelupasan Secara Kimia

Cara lain untuk menyingkirkan bintik-bintik usia adalah dengan menggunakan chemical peeling. Di sini, suatu larutan kimia yang terbuat dari asam glikolat diterapkan pada kulit. Metode pengelupasan secara kimia ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat menyemarkan bintik-bintik gelap. Sama seperti dermabrasi, bahkan chemical peeling akan memakan waktu beberapa sesi untuk menghapus bintik-bintik penuaan.

  • Lightening Cream

Metode lain untuk menghilangkan bintik hitam pada kulit yaitu dengan menerapkan krim pemutih yang mengandung vitamin A atau retinol. Cream lainnya seperti cream yang mengandung vitamin K, asam glikolat, akar manis, dll. Beberapa bahan diatas sangat bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan.

READ:  6 Cara Mengatasi Kulit yang Tersengat Sinar Matahari

2. Metode Perawatan Alami

Sebagian besar metode di atas untuk menghilangkan bintik-bintik usia di wajah, tangan dan kaki yang dilakukan dengan bantuan bahan kimia yang selanjutnya dapat menyebabkan masalah kulit.

Oleh karena itu, bagi mereka yang kurang tertarik dengan metode pengobatan medis, bisa mencoba beberapa teknik alami. Namun, satu hal yang penting orang harus ingat adalah bahwa hal itu akan memakan waktu yang sedikit lama untuk menunjukkan hasil. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan bintik-bintik usia yang dapat anda coba di rumah.

  • Jus Lemon

Menggunakan lemon adalah cara yang baik untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan karena lemon mengandung asam yang membantu dalam pengelupasan kulit mati.

READ:  4 Tips Alami Sehingga Terlihat Gigi Putih dan Cemerlang

Peras jus lemon dalam mangkuk dan menerapkannya pada bintik-bintik penuaan dengan bola kapas, setidaknya dua kali dalam sehari. Bintik-bintik usia Anda akan mulai meringankan dalam 6 – 8 minggu.

  • Bawang Putih

Selain jus lemon, menggunakan bawang putih adalah cara yang baik untuk menyingkirkan bintik-bintik penuaan pada kulit. Potong bawang menjadi dua bagian dan gosokkan pada daerah yang terkena bintik hitam tersebut.

Secara alami kulit mengalami penuaan seiring dengan usia yang ditandai dengan kulit mengeriput dan atau munculnya flek hitam. Bintik hitam juga bisa dialami oleh kaum muda sehingga kemunculan mereka jelas akan merusak penampilan kulit kita.

Untuk menghilangkan bintik-bintik hitam tersebut ada dua metode yang bisa anda gunakan yaitu metode perawatan medis maupun dengan metode alami. Dan semoga Metode Medis dan Cara Herbal untuk Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah tersebut diatas dapat memberi manfaat untuk penampilan kulit anda.

Loading...