6 Tips Mengatasi Keringat Berlebihan

CAra Mengatasi Hiperhidrolisis Keringat merupakan air yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang dikeluarkan melalui kulit kita.

Secara alamiah, keringat ini dikeluarkan tubuh ketika kita sedang melakukan aktivitas, mengkonsumsi makanan pedas-pedas atau panas ataupun disaat kita berada pada lingkungan yang bersuhu panas.

Hal ini adalah normal saja dan keringat akan berhenti mengalir ketika suhu tubuh kembali normal dan ataupun tubuh dalam keadaan rileks.

Loading...

Selain karena kondisi diatas, ada sebahagian orang yang mengalami masalah gangguan keringat seperti keluarnya keringat yang berlebihan dan berbau meskipun tubuh mereka dalam kondisi yang santai.

Keluarnya keringat yang berlebihan ini dalam istilah medisnya adalah hiperhidrosis. Penyebab keringat berlebihan ini selain karena adanya gangguan pada sistem saraf simpatik.

Penyebab umum lainnya adalah karena factor menopause, hiperaktifnya kelenjar tiroid ataupun karena dibawah pengaruh obat-obatan.

6 Tips Mengatasi Keringat Berlebihan

1. Antiperspirant

Penggunaan antiperspirant merupakan cara untuk mengatasi bau badan kerena pengaruh keringat. Ada antiperspirant yang dapat kita temukan di toko obat lokal mengandungi Aluminium Chlorohydrate atau Aluminium Zirkonium Tetrachlorohydrex.

READ:  Beberapa Penyebab Alergi Logam

Kinerja Aluminium Chlorohydrate atau Aluminium Zirkonium Tetrachlorohydrex yaitu dengan memblokir pori-pori dan mengurangi limpahan air keringat pada permukaan kulit.

Selain Antirespirant, deodorant juga merupakan produk yang efektif dalam mengurangi keringat dan sangat umum digunakan karena aluminium (ditemukan di banyak antiperspirant) dianggap beracun.
Jika anda memutuskan untuk menggunakan antiperspirant dengan aluminium, pastikan anda melakukan penelitian soal keamanan untuk kesehatan anda sebelum anda membelinya.

2. Pemilihan bahan pakaian

Ketika Anda berurusan dengan keringat berlebihan, hindari pakaian ketat, pilih kain yang berbahan sintetis yang tidak memungkinkan kulit anda untuk bernapas. Gunakan kain yang berbahan dari pakai kapas dan bahan alami lainnya yang ringan dan dapat menyerap keringat lebih baik.

READ:  9 Penyebab Nyeri Pada Pangkal Paha

3. Minum Teh Herbal

Tips lain untuk mengatasi hiperhidrosis adalah dengan minum teh herbal. Teh herbal menurunkan aktivitas kelenjar keringat.

Namun, jika anda ingin mengkonsumsi teh herbal tersebut biarkan hingga dingin sebelum anda meminumnya karena bisa memicu munculnya keringat yang berlebihan pada permukaan kulit anda.

Teh lain yang baik untuk melawan hiperhidrosis adalah teh hijau. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

4. Makanan untuk mengatasi hiperhidrolisis

Untuk mengurangi keringat yang berlebihan, cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral silicon seperti stroberi, mentimun, apel, bayam, almond dan selada Romaine. Makanan yang baik lainnya termasuk telur, kalkun dan babi, yang kaya akan vitamin B dan dapat membantu mengurangi keringat anda.

READ:  8 Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Selangkangan Paha

5. Makanan yang mesti dihindari

Selain makanan yang dianjurkan, ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi jika anda ingin melawan hiperhidrolisis seperti makanan yang pedas-pedas, manis, sangat panas dan makanana yang mengandung MSG atau kafein.

Semua makanan ini mengandung bahan-bahan yang dapat mengirim sinyal atau merangsang sistem saraf tertentu untuk mengeluarkan keringat yang berlebihan.

6. Banyak Minum Air Putih

Minum air sangat penting untuk kesehatan. Keringatberlebihan bisa menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga penting untuk minum banyak air untuk tetap terhidrasi, mengeluarkan racun dari tubuh anda dan membantu mengatur suhu tubuh.

Hiperhidrosis bisa menjadi kondisi yang memalukan. Oleh karena itu mencoba mengatasinya adalah hal yang sangat penting anda lakukan saat ini.

Semoga 6 Tips Mengatasi Keringat berlebihan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...