5 Tips Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah Kulit wajah yang selalu berminyak biasanya sangat mudah dihinggapi debu, kotoran dan bakteri dan jika tidak dirawat dengan benar, akan menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Kulit berminyak pada wajah dapat disebabkan oleh faktor genetika dan hormon. Hormon androgen adalah hormon yang paling bertanggung jawab terjadinya kulit berminyak.

Androgen yang sangat aktif (utamanya pada masa pubertas) dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak tubuh secara berlebihan.

Loading...

Kulit wajah yang berminyak yang kurang perawatan akan membuat kulit wajah terlihat kurang menarik.
Berikut adalah beberapa cara merawat kulit wajah yang berminyak yang mungkin dapat dilakukan agar terhindar dari masalah-masalah yang ditimbulkan oleh minyak tuguh ini seperti dibawah ini.

READ:  7 Cara Merawat Kulit Berminyak Yang Tepat

5 Tips Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

1. Menjaga kebersihan kulit wajah
Menjaga kulit agar tetap bersih denganmencuci kulit wajah anda setidaknya dua hingga tiga kali sehari. Jangan lupa melakukan toning dengan toner cair untuk mengurangi sekresi minyak tubuh.
Toner berfungsi untuk mengencangkan kulit, menurunkan pH untuk membantu melawan bakteri serta menghilangkan sisa kotoran dan minyak pada kulit wajah.

2. Menerapkan tabir surya
Penggunaan tabir surya sangat penting bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Jenis kulit ini sangat rentan terhadap pigmentasi. Pastikan anda menerapkan tabir surya minimal SPF 20 ketika hendak berada diruang terbuka.

3. Jangan menerapkan terlalu banyak make-up
Penggunaan make-up yang berlebihan pada kulit berminyak cenderung merusak kulit .Gunakan make mineral (non minyak) untuk jenis kulit berminyak. Tapi jika anda terpaksa harus menggunakan make up, jangan lupa untuk mengoleskan krim antiseptik atau lotion khusus wajah sebelum menerapkan kosmetik.

READ:  5 Tips Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

4. Hindari makanan berminyak
Salah satu cara terbaik dalam merawat kulit berminyak adalah menghindari makanan yang terlalu berminyak.

5. Selalu Menyeka Keringat
Jika anda sedang berada diluar rumah dan  kulit anda terasa sangat berminyak, anda bisa menggunakan tissue anti septic sebagai alat menyeka wajah. Jangan lupa untuk selalu membawa tissu ini dalam saku anda.

Kulit berminyak bisa menguarangi kecantikan dan keindahan kulit jika tidak dirawat dengan benar. Dan semoga 5 Tips merawat kulit wajah yang berminyak diatas bermanfaat dalam merawat kecantikan kulit anda.

Loading...