5 Perawatan Alami untuk Kulit Kering dan Kusam

Perawatan Kulit KeringKulit kering merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh hilangnya kelembaban secara berlebihan. Kulit kering juga dapat disebabkan oleh beberapa factor lainnya termasuk cuaca kering, penggunaan sabun yang keras, kekurangan gizi dan beberapa masalah kesehatan mendasar lainnya.

Kulit kering ditandai oleh kurangnya kelembaban, yang dapat menyebabkan kusam, kulit pecah-pecah atau retak. Kulit kering dapat dengan mudah kehilangan kelenturan dan elastisitas yang menyebabkan munculnya keriput dan garis-garis halus.

Kulit kering juga dapat disebabkan oleh penggunaan sabun atau deterjen yang berbahan keras atau juga bisa disebabkan oleh terlalu over dalam mencuci wajah anda.
Terkadang pula, cuaca dengan hawa dingin yang kering juga dapat mempengaruhi kekeingan pada kulit kita.

Selain itu, gangguan kulit seperti psoriasis, dermatitis, eksim juga bisa menjadi penyebab kulit kering. Dalam banyak kasus seperti gangguan ginjal dan masalah hati serta diabetes dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Mengonsumsi obat-obatan seperti diuretik dan antihistamin juga dapat bertanggung jawab pemicu munculnya kulit kering.

READ:  5 Tips Perawatan Kulit untuk Remaja Putri

Jadi ada banyak factor yang bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Untungnya, pada kondisi kulit yang kering dan terlihat kusam dapat dinormalkan kembali dengan melakukan perawatan yang tepat untuk kulit kering.

5 Perawatan Alami untuk Kulit Kering dan Kusam
Ada beberapa solusi alami untuk mengurangi masalah kulit kering termasuk diantaranya adalah Minyak almond, Minyak alpukat, minyak zaitun dan air mawar serta beberapa bahan alami lainnya yang memiliki sifat pelembab yang alami.

1. Minyak almond
Minyak almond banyak digunakan sebagai bahan kosmetik untuk pelembab kulit karena minyak almond memiliki sifat yang baik.
Minyak almond ini memberi efek pelembab yang lebih cepat dari beberapa pelembab lainnya karena sangat mudah diserap oleh kulit kita. Selain untuk melembabkan kulit kering, minyak almond juga dapat mengurangi sejumlah masalah kulit seperti iritasi, gatal dan peradangan yang dikaitkan dengan kulit kering.

2. Minyak lemon
Pelembab alami lainnya adalah minyak lemon. Minyak lemon ini sangat kaya akan vitamin C sehingga efektif untuk mengatasi masalah kulit kering dan jerawat.
Selain itu, minyak Lemon ini juga mampu membunuh kuman sehingga sangat efektif untuk melindungi kulit dari infeksi sekaligus dapat meremajakan kulit dengan menghilangkan sel-sel mati.

READ:  4 Cara Mengatasi Wajah Keriput

3. Minyak alpukat
Minyak alpukat juga sangat kay akan vitamin A dan vitamin E yang mudah diserap oleh kulit sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai solusi untuk kulit kering.
Minyak alpukat ini juga disinyalir memiliki khasiat dalam hal melembutkan kulit dan menenangkan kulit kering dan kusam. Campuran dari madu, telur, minyak zaitun dan air mawar juga dapat diterapkan pada kulit kering sehingga kulit kembali halus dan lentur.

4. Pasta Kuning Telur dan Susu Bubuk
Selain itu, pasta dari kuning telur, madu dan susu bubuk sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Menerapkan madu murni pada permukaan kulit bisa berfungsi sebagai toner yang sangat baik dan dapat meningkatkan kecantikan kulit anda.

5. Ramuan mentimun
Selain itu, pasta dari mentimun dan pepaya juga sangat baik dan efektif untuk melembabkan dan melembutkan kulit anda. Anda hanya tinggal menghaluskan bahan tersebut lalu menerapkannya pada permukaan kulit wajah anda secara rutin, maka kulit anda akan kembali lembab dan lembut.

READ:  6 Cara Alami Memperbesar Ukuran Payudara

Selain dengan beberapa perawatan kulit diatas, kita tidak boleh mengesampingkan yang namanya diet seimbang. Dalam beberapa kasus, kulit kering disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral.

Selain itu, orang dengan kulit kering harus menghindari junk food dan makanan gorengan. Meningkatkan konsumsi sayuran hijau, buah-buahan segar, karbohidrat, sereal, susu dan produk susu adalah cara yang baik dalam perawatan kulit kering.

Kulit kering sangat rentan terhadap beberapa masalah kulit seperti gatal-gatal, kulit bersisik dan retak-retak dan garis-garis halus awal keriput.
Jika anda mengalami masalah kulit kering dan kusam, mungkin tak ada salahnya jika mulai mencoba 5 Perawatan Alami untuk Kulit Kering dan Kusam diatas dengan rutin agar hasilnyapun segera anda lihat.