Cara Merawat Kulit Sensitif untuk Mengatasi Jerawat

Masker Kulit untuk Kulit SensitifMenangani jerawat pada kulit sensitive membutuhkan kehati-hatian yang lebih dari jenis kulit lainnya karena jika salah memilih perawatan yang benar tentunya hanya akan memperparah kerusakan kulit anda.

Pada jenis kulit sensitive, permukaan kulit biasanya lebih tipis dan paling aktif dalam memproduksi sebum. Memenrapkan krim yang serampangan bisa-bisa hanya meningkatkan penyumbatan pori-pori.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang karakteristik kulit sensitive, bagaimana cara merawatnya serta cara menanganinya apabila terserang jerawat.

Pada dasarnya tekstur kulit kita sangat halus dan sangat cepat bereaksi terhadap perubahan suhu, deterjen, bahan kimia dan beberapa kondisi lain yang mempengaruhinya. Hasil dari reaksi tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit ataupun dapat memicu pertumbuhan jerawat batu.

Banyak cara untuk mengatasi jerawat ataupun untuk mencegah pertumbuhan jerawat pada kulit sensitive, baik dengan menerapkan produk kosmetik yang tepat maupun dengan memanfaatkan herbal alami disekitar kita.

READ:  Cara Membuat Krim Malam Sendiri Dirumah

Selain itu perawatan harin untuk kulit sensitive juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan kulit anda. Berikut ini adalah Cara merawat kulit sensitive untuk mengatasi jerawat anda yang mungkin bisa anda praktekkan dirumah.

1. Bersihkan dan Detoksifikasi Kulit anda
Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan yang mengandung pengawet, lemak dan junk food serta makanan olahan lainnya adalah langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan indah.

2. Minum banyak air murni untuk membantu tubuh anda dalam menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh racun tubuh.
3. Makan banyak buah-buahan dan sayuran segar
4. Kurangi asupan alkohol, kopi, teh, minuman manis, dan minuman ringan berkarbonasi.
5. Hindari Stress
6. Memilih produk perawatan kulit yang hypoallergenic ringan.
7. Membersihkan dan melembabkan wajah setiap malam.

READ:  Cara Mudah Menghaluskan Kulit Leher

8. Menerapkan Masker Wajah

Sebelum anda melakukan pengobatan apapun dirumah, konsultasikan dengan dokter kulit anda. Gunakan beberapa masker khusus yang cocok untuk kulit sensitive anda.
• Masker Baking Soda
Untuk membuat masker dari baking soda ini, campurkan 1 sdt baking soda dengan air dan aduk hingga terbentuk pasta yang lembut. Terapkan pasta dan sebarkan pada wajah anda. Biarkan hingga kering sebelum di bilas dengan air. Jika anda masih merasakan sensitifitas terhadap masker ini, menghentikan penggunaannya.

• Baku Kentang Masker
Membuat irisan tipis dari kentang putih kemudian lalu tempelkan irisan ini pada kulit yang berjerawat. Biarkan irisan kentang masker ini selama 5 – 10 menit agar masker ini memberi khasiat yang maksimal.

• Oatmeal Masker
Haluskan oatmeal ½ cangkir dalam blender, tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta tebal. Gunakan masker ini jika kulit anda mengalami iritasi.

READ:  Cara Menghilangkan Bulu dan Memutihkan Kulit Ketiak

• Masker Apel dan Madu
Parut buah apel dan tuangkan madu secukupnya untuk membuat pasta. Sebarkan masker ini ke seluruh wajah anda dan biarkan selama 20 – 25 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

• Masker Kuning Telur
Kocok 1 kuning telur dan menerapkannya di wajah dengan sikat make up. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin. Oleskan masker ini sekali sehari selama satu minggu.

Menangani jerawat pada kulit sensitive membutuhkan kehati-hatian yang lebih dari jenis kulit lainnya karena jika salah memilih perawatan yang benar tentunya hanya akan memperparah kerusakan kulit anda.