Gangguan dan Perawatan Kulit karena Faktor Penuaan

PErawaatan Kulit Usia TuaBanyak hal yang membuat kulit bisa mengalami perubahan termasuk karena faktor usia. Seiring dengan semakin bertambahnya usia, kondisi kulit juga bisa mengalami perubahan seperti semakin menipisnya kulit, kehilangan minyak alami kulit dan tidak lagi terlihat montok dan mulus seperti dulu. Selain itu tonjolon tulang dan jalur urat pun semakin nampak jelas.

Faktor lain yang sering mengurangi kecantikan kulit kita seperti goresan, luka atau benjolan yang mungkin sangat sulit untuk dinormalkan kembali.
Berada di luar di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama dapat menyebabkan keriput, kekeringan, bintik-bintik penuaan, dan bahkan kanker.
Berikut ini adalah cara perawatan kulit karena factor penuaan dan cara terbaik yang mungkin anda dapat lakukan agar kulit anda sedikit terlihat baik dari sebelumnya adalah seperti dibawah ini.

Gangguan dan Perawatan Kulit karena Faktor Penuaan

Loading...

Kulit Kering Dan Gatal
Kulit kering dan gatal sering kali muncul disaat usia semakin tua, terutama pada bagian kaki,siku, dan lengan bagian bawah.
Beberapa kemungkinan penyebab kulit kering dan gatal bisa didisebabkan karena kurang minum, sering terpapar sinar matahari, berada pada lingkungan yang udaranya sangat kering, factor merokok, stres dan kehilangan kelenjar keringat dan kelenjar minyak karena factor usia.

READ:  Cara Menghilangkan Selulit pada Perut dan Paha

Kulit kering juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan, seperti diabetes atau penyakit ginjal. Menggunakan terlalu banyak sabun, efek samping obat tertentu, antiperspirant, atau parfum dan mengambil mandi air panas akan membuat kulit kering lebih buruk.

Karena orang tua memiliki kulit yang lebih tipis, menggaruk kulit hanya dapat menyebabkan perdarahan yang dapat menyebabkan infeksi. Jika kulit Anda sangat kering dan gatal, pergilah ke dokter.

Pelembab seperti lotion, krim, atau salep seringkali efektif dalam menenangkan kulit kering dan gatal. Cobalah kurangi waktu mandi anda dan gunakan sabun ringan untuk mengurangi kulit kering anda. Air hangat adalah pengeringan kurang dari air panas.

Keriput
Seiring dengan waktu, kulit akan mengalami keriput. Pengaruh lingkungan, seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, dan gravitasi bisa menyebabkan kulit bisa kehilangan elastisitas dan kerutan.

READ:  Makanan Untuk Mencegah Penuaan Dini

Kebiasaan tertentu juga bisa membuat kulit menjadi keriput. Beberapa kebiasaan seperti cemberut, sering mengernyitkan dahi serta merokok adalah hal yang dapat menyebab keriput pada kulit anda.

Bintik cokelat
Bintik-bintik cokelat sering disebabkan oleh pengaruh paparan sinar matahari pada masa lalu. Bintik-bintik terlihat lebih lebar dan seringkali muncul di daerah-daerah seperti wajah, tangan, lengan, punggung, dan kaki. Bintik-bintik usia ini memang tidak berbahaya tetapi mungkin dapat mengganggu penampilan kulit anda.

Konsultasi dengan dokter kulit tentang bagaimanan cara menghilangkan bintik-bintik cokelat ini. Gunakan tabir surya atau sunblock adalah cara mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari.

Tag kulit kecil biasanya ditandai dengan pertumbuhan daging pada permukaan kulit yang paling sering ditemukan di kelopak mata, leher, dan lipatan tubuh seperti ketiak (non kanker), dada dan pangkal paha. Tag kulit tidak berbahaya tetapi teriritasi.

READ:  Kondisioner Alami untuk Rambut Keriting

Kanker Kulit
Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum diderita karena pengaruh sinar matahari. Siapapun bisa terkena kanker kulit, tapi orang-orang yang memiliki bintik-bintik pada kulit berada pada risiko terbesar. Kanker kulit dapat disembuhkan jika keberadaan mereka cepat dideteksi sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ada tiga jenis kanker kulit diantaranya adalah karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa keduanya kurang berbahaya karena jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jenis kanker ini kebanyakan ditemukan pada bagian kulit terkena sinar matahari, seperti kepala, wajah, leher, tangan dan lengan, namun dapat juga terjadi di mana saja pada tubuh anda.

Jenis ketiga dan paling berbahaya dari kanker kulit adalah melanoma. Hal ini sangat jarang dibandingkan dengan 2 jenis kanker diatas tetapi dapat menyebar ke organ lain dan bisa mematikan. Memeriksakan kulit anda sebulan sekali untuk menjaga kulit dari serangan kanker adalah saran terbaik untuk kesehatan kulit anda..

Loading...