8 Tips Memakai Produk Kosmetika Untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan kulit yang memerlukan perawatan lebih dibandingkan dengan jenis kulit lainnya karena kulit sensitif sangat mudah terpengaruh pada berbagai makanan yang dikonsumsi seperti makanan yang banyak mengandung vitamin B3 (Niacin, rokok (Niokotin, kopi (cafein) ataupun makanan yang pedas-pedas.

Selain karena faktor makanan, pemakaian produk kosmetika dengan bahan tertentu dapat pula menyebabkan kulit teriritasi. Gejala iritasi yang bisa kita lihat seperti kulit memerah gatal, panas dan lain sebagainya.

Jadi pada kulit sensitif, menerapkan beberapa makeup bukan menjadi jaminan untuk membuat kita bisa cantik, malah justru terkadang menjadi bumerang terhadap kulit kita sendiri jika kita tidak memberikan perawatan yang tepat. Utamanya saat memilih produk kosmetika yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Loading...

Jika anda salah satu pemilik kulit sensitif ini, hal terbaik yang mungkin anda lakukan adalah mencari informasi bagaimana cara memakai kosmetika untuk kulit sensitif agar kulit anda terhindar dari dampak negatif penerapan kosmetika.

8 Tips Memakai Produk Kosmetika Untuk Kulit Sensitif

1. Pengujian produk kosmetika
Sebelum anda membeli produk kosmetika sebaiknya mencoba terlebih dahulu produk tersebut pada bagian kulit anda. Gunakan sedikit terapkan sedikit pada pergelangan tangan, wajah dan leher anda. Jika dalam beberapa hari tidak terdapat gejala dan tanda iritasi, barulah anda kembali pada pada toko kosmetika tersebut untuk membelinya. Sebaliknya jika produk tersebut memberikan gejala seperti rasa gatal, panas maupun gejala iritasi lainnya anda sebaiknya membatalkan untuk membeli produk tersebut dan carilah kosmetika yang mungkin cocok dengan jenis kulit sensitif anda. Jadilah pembeli yang cerdas.

READ:  Cara Alami Menghilangkan Ketombe

2. Catatan Bahan
Catat kandungan bahan pembuatan kosmetika yang dapat menyebabkan iritasi. Jangan membeli kosmetika berbahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda. Beberapa bahan kosmetika yang dapat merusak kulit yang sensitif seperti laureth-4, Isocetyl Alcohol, Para Amino Benzoec Acid (PABA) , Cetearyl Alcohol + Ceteareth 20, Isopropyl Myristate, Myristyl Alcohol, Caprylic Acid, dan lain sebagainya. Sebaliknya pilihlah bahan kosmetika yang mengandung Licorise Root , Chamomile , Bisabol, dan Glycolic Acid (asam Glikolat).

3. Buang produk yang expire (kadaluarsa)
Sebelum menerapkan produk kosmetika pada kulit yang jenis sensitif, perhatikan tanggal kadaluarsanya karena tidak semua produk kosmetika mempunyai masa kadaluarsa yang sama. Pastikan anda telah membuang produk lama dan menggantinya dengan yang baru.

READ:  4 Cara Merawat Kulit Sensitif

4. Hindari Make Up Waterproof
Makeup Waterproof adalah produk make up yang tahan air, makeup waterproof biasanya hanya digunakan disaat kita ingin kekolam renang atau daerah basah lainnya. Tapi, untuk kulit jenis sensitif sebaiknya hindari pengguanaan produk ini.
Penggunaan Makeup Waterproof ini sangat sulit untuk dibersihkan dengan air sehingga pada saat anda memnghilangkannya dapat mengakibatkan kulit anda iritasi.

5. Pilih Warna Make Up Yang Tepat
Memilih warna make up yang tepat untuk jenis kulit sensitif sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh, eye shadow yang gelap akan memiliki pigmen lebih banyak dan cenderung lebih mengiritasi mata. Menghindari penggunaan pensil mata dan mascara yang berwarna hitam mungkin lebih tepat untuk kulit sensitif anda.

6. Kebersihan kulit
Jika anda pemilik kulit sensitif sebelum menerapkan produk kosmetikaa pada kulit anda pastikan bahwa kulit anda dalam keadaan bersih dan kering. Jika penerapan kosmetikaa pada kulit yang kurang bersih sangat mudah memberikan reaksi dan menyebabkan kulit teriritasi.

READ:  6 Bentuk Perawatan Kulit Untuk Pria

7. Hindari Lanolin
Kulit sensitif sangat mudah teriritasi oleh produk yang berbahan lanolin karena dapat mengiritasi kelopak mata anda. Ketika anda bermaksud membeli produk kecantikan untuk mata hindari membeli produk yang berbahan Lanolin tersebut.

8. Konsultasi Pada Ahli Kulit
Setiap masalah yang terjadi pada kulit anda sebaiknya melibatkan dokter atau hali kulit lainnya termasuk dalam hal ini saat memilih produk kosmetika yang tepat untuk jenis kulit yang sensitif anda. Hal ini dimaksudkan agar anda terhindar dari dampak negatif karena pemakaian kosmetika.

Kulit sensitif sangat mudah teriritasi karena faktor makanan dan kosmetikaa. Oleh karena itu sebelum menggunakan produk kecantikan yang berhubungan langsung dengan kulit anda sebaiknya hindari beberapa bahan kosmetika yang dapat mengiritasi kulit anda. Selain itu 8 Tips Memakai Produk Kosmetika Untuk Kulit Sensitif diatas bisa menjadi masukan buat anda dalam memilih produk kosmetika yang cocok untuk kulit sensitif anda.

Loading...